UU yang Izinkan Bunuh Diri yang Dibantu Berlaku di Austria

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah undang-undang yang mengizinkan bunuh diri yang dibantu telah berlaku di Austria.

Mulai hari Sabtu (1/1), orang dewasa yang sakit parah atau memiliki kondisi permanen yang melemahkan, dapat memilih untuk membuat ketentuan untuk kematian yang dibantu.

Parlemen menyetujui undang-undang baru pada bulan Desember, menyusul keputusan pengadilan konstitusional tentang masalah ini.

Praktik ini akan diatur dengan ketat, dengan setiap kasus dinilai oleh dua dokter - salah satunya harus ahli pengobatan paliatif.

Para pejabat mengatakan pemerintah juga telah mengalokasikan dana untuk mengembangkan perawatan paliatif untuk memastikan tidak ada yang memilih untuk mati ketika pilihan lain tersedia.

Bunuh diri yang dibantu, di mana seseorang diberi cara untuk mengakhiri hidup mereka sendiri, adalah legal di negara tetangga Swiss.

Tindakan ini juga telah didekriminalisasi di beberapa negara Eropa, termasuk Spanyol, Belgia dan Belanda.

Bantuan aktif untuk bunuh diri akan tetap dilarang di Austria, dan aturan baru secara eksplisit mengecualikan anak di bawah umur atau mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental.

Orang dewasa yang ingin mengakhiri hidup mereka harus membuat diagnosis dan memiliki konfirmasi bahwa mereka mampu membuat keputusan sendiri.

Setelah mendapatkan persetujuan dari dua dokter, pasien harus menunggu selama 12 minggu untuk merenungkan keputusan mereka - atau dua minggu jika mereka memiliki penyakit terminal.

Jika mereka masih ingin melanjutkan setelah masa tunggu ini, mereka kemudian bisa mendapatkan obat-obatan mematikan di apotek setelah memberikan pemberitahuan kepada pengacara atau notaris.

Untuk mencegah penyalahgunaan, nama apotek yang menjual obat ini hanya akan diungkapkan kepada pengacara dan notaris yang menerima pemberitahuan ini, dan tidak akan diiklankan secara publik.

Sampai sekarang, di bawah hukum Austria, siapa pun yang membujuk atau membantu seseorang untuk bunuh diri menghadapi hukuman lima tahun penjara.

Larangan mutlak pada kematian yang dibantu dicabut oleh pengadilan federal tahun lalu, yang memutuskan bahwa itu "melanggar hak penentuan nasib sendiri".

Tetapi hukuman yang sama akan tetap berlaku bagi mereka yang membunuh orang lain atas "permintaan serius dan tegas" mereka.

Sebelum aturan baru disetujui oleh parlemen tahun ini, beberapa lawan politik berpendapat bahwa itu menempatkan terlalu banyak rintangan di jalan mereka yang mencari bantuan sekarat.

Yang lain berpendapat bahwa terlalu sedikit batasan yang harus diterapkan, mengatakan bahwa evaluasi psikiatri tidak cukup untuk menilai kemampuan pasien dalam mengambil keputusan.