Wapres JK: Bojonegoro Sudah Mampu Jadi Lumbung Pangan Nasional, Itulah Wujud Bela Negara Jaman Sekarang

By Admin


nusakini.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla saat memimpin Apel Bela Negara dengan tema "Tekad Bela Negara dengan Karya dan Revolusi Mental" di Stadion Letjen Soedirman, Bojonegoro pada Selasa, (17/5/2016) mengatakan, Tidak ada negara yang kuat dan dihormati, kalau masyarakatnya tidak mampu dan kekurangan makanan. 

Oleh karena itu JK mengajak bersama sama merubah paradigma bela negara saat ini. 

"Dengan pemerintah memajukan bangsa dalam segala bidang kehidupan, seperti ekonomi dan pendidikan. Masyarakat diminta meninggalkan konsep lama bela negara yang diartikan dengan perang secara fisik", kata JK. 

Wapres menghargai dan apresiasi yang tinggi atas upaya pemerintah daerah Bojonegoro, dalam mewujudkan ketahanan pangan, energi. 

"Atas upaya semua, ikrar untuk jalankan tugas bela negara, dan juga tingkatkan kemampuan kita dalam ekonomi nasional," seru Wapres di hadapan 15 ribu peserta Apel Bela Negara. 

Menurut Wapres, para petani di Bojonegoro telah bekerja keras sehingga mampu meningkatkan hasil pertaniannya menjadi lebih baik. 

Sebelumnya Bupati Bojonegoro Suyoto melaporkan, daerahnya selama ini telah ikut berkontribusi dalam bela negara dengan menjadikan Bojonegoro sebagai salah satu lumbung pangan dan energi nasional. Produksi gabah Bojonegoro saat ini mencapai 907 ribu ton dalam setahun, sedangkan produksi minyak Bojonegoro menyumbang 25 persen dari total produksi minyak nasional. 

"Kita bangga menjadi lumbung pangan dan energi nasional," ujar Kang Yoto, sapaan akrab suyoto.(if/mk)