WhatsApp Blokir 2 Juta Akun asal India

By Nad

nusakini.com - Internasional - WhatsApp mengumumkan mereka telah memblokir dua juta akun asal India pada bulan Mei dan Juni karena pelanggaran aturan. Mereka menyatakan 95% pengguna diblokir karena melanggar batas aturan sebuah pesan bisa diteruskan di India.

Pengajuan ini dibuat oleh WhatsApp dalam laporan kepatuhan bulanan pertama di bawah aturan IT India yang baru. India adalah pasar terbesar WhatsApp dengan jumlah pengguna sekitar 400 juta orang.

Layanan pesan milik Facebook ini mengatakan fokus utama mereka adalah mencegah akun-akun dari India untuk mengirim pesan berbahaya dan tidak diinginkan dalam skala yang besar. Menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang maju, WhatsApp dikabarkan telah menutup sekitar 8 juta akun di seluruh dunia setiap bulan.

Dua juta akun di India ditutup pada periode tanggal 15 Mei hingga 15 Juni karena mengirimkan pesan dalam kecepatan tinggi dan abnormal.

Aplikasi milik Facebook ini sering menjadi fokus dalam diskusi mengenai penyebaran misinformasi dan berita hoax di India. Berita bohong dan hoax kemudian diteruskan kepada puluhan ribu pengguna hanya dalam beberapa jam, dan sulit untuk mengatasi hal ini. Pesan dan video yang tersebar secara luas di India sebelumnya pernah mengakibatkan kekerasan massa yang bisa menyebabkan kematian.

Pengajuan WhatsApp ini hadir saat perusahaan teknologi sedang menghadapi aturan baru India di bawah hukum IT. Aturan yang diumumkan pada bulan Februari ini berusaha untuk meregulasi konten media sosial dan platform streaming. Aturan baru ini dikhawatirkan akan mengganggu privasi pengguna media sosial.