XL Axiata Pasang Router di Pedesaan Ponorogo

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Ponorogo--PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) turun tangan mendukung menyediakan fasilitas akses internet untuk para pelajar yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dukungan tersebut berupa pemasangan sarana akses internet berupa router yang bisa para pelajar manfaatkan secara bersama-sama hingga puluhan perangkat sekaligus. Pekan ini, tim XL Axiata memasang router di lima lokasi yang berada di pedesaan wilayah Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Teritory Sales Manager area Ponorogo, Akhmad Bazid Nurlatif memantau langsung pemasangan fasilitas tersebut.

Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, mengatakan, “Kami tidak bisa tinggal diam membaca berita tentang semakin banyaknya pelajar di berbagai daerah yang kesulitan mendapatkan akses internet untuk bisa mengikuti PJJ. Problem yang mereka hadapi baik berupa terbatasnya jaringan yang di desa tempat mereka berdomisili dan daya beli kuota data internet. Untuk itu, melalui dukungan ini kami mencoba untuk mendukung keduanya. Semoga fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk PJJ oleh para pelajar di seluruh desa.”

Kelima lokasi penempatan router tersebut berada di Desa Mrayan, masing-masing di Dusun Plandon dan Dusun Pakel. Tiga lokasi lainnya berada di Desa Baosan Kidul, masing-masing di Dusun Patuk, Dusun Kedung, dan Dusun Konto. Kecamatan Ngrayun berada sekitar 46 km dari pusat kota Ponorogo atau memerlukan 1 jam perjalanan darat dari pusat kota tersebut. Ada ratusan siswa sekolah di desa tersebut, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Sejak pandemi Covid-19 terjadi, anak-anak sekolah tersebut harus melakukan belajar dari rumah dengan mengakses materi belajar secara daring. Namun, jaringan internet belum menjangkau setiap sudut desa, banyak dari anak-anak tersebut yang kemudian mencari lokasi tertentu yang di tempat itu bisa mendapatkan sinyal internet yang lebih baik.

Kepala Desa Baosan Kidul, Parwanto, mengatakan "Kami mengucapkan terima kasih kepada XL Axiata atas pemberian dukungan akses internet untuk PJJ anak-anak di sini. Bantuan ini tentu sangat membantu dan meringankan para orang tua. Mayoritas warga di sini petani kecil dan saat ini sedang dalam masa sulit akibat pandemi. Kami akan menjaga fasilitas ini dan memastikan agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin."

Sesuai dengan saran warga di masing-masing lokasi, perangkat router dari XL Axiata ditempatkan di tempat-tempat yang bisa menampung belasan anak untuk belajar. Ada yang di semacam balai pertemuan warga, pos kamling, rumah warga, juga bangunan darurat di atas bukit. Pemilihan lokasi penempatan router ini juga disesuaikan dengan kualitas sinyal yang bisa ditangkap. Team XL Axiata turut membantu pemasangan perangkat ini di semua lokasi agar bisa mendapatkan kualitas sinyal yang maksimal.

Masing-masing dari router tersebut bisa diakses secara bersamaan sekaligus hingga 32 perangkat baik smartphone, tablet, maupun laptop. XL Axiata juga membekali setiap router dengan paket data 20GB yang akan diisi setiap bulan selama setahun. Selain itu, XL Axiata juga membagikan meja belajar kecil agar pelajar bisa lebih nyaman dalam belajar. Untuk menjaga dan memastikan router tersebut dimanfaatkan secara semestinya, XL Axiata menyerahkan pengelolaannya ke pengurus masing-masing dusun.

Sebelumnya XL Axiata juga sudah menyalurkan bantuan serupa di sejumlah lokasi di Sumatera, Jabodetabek, Banten, dan Bali. Program donasi akses internet untuk mendukung pelaksanaan PJJ ini akan terus XL Axiata perluas ke wilayah Indonesia lainnya.

“Sebelum adanya pandemi, kami rutin menyalurkan donasi kuota untuk sekolah-sekolah melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK). Kini, karena sekolah juga masih tutup dan meningkatnya kebutuhan untuk mendukung proses belajar secara daring berbagai daerah, maka kami akan berusaha mendukung memfasilitasi akses internet untuk PJJ seperti ini, “ imbuh Bambang.

Paket internet khusus untuk pelajar

Selain terjun langsung ke lapangan memberikan bantuan akses internet hingga ke desa-desa, XL Axiata juga menghadirkan paket data khusus untuk pelajar dengan harga sangat ringan. Pelanggan XL dari kalangan pelajar bisa memanfaatkan paket untuk mengakses aplikasi dan website pemerintah yang disediakan untuk membantu belajar dari rumah dan paling banyak diakses oleh pelanggan. Aplikasi yang dimaksud adalah Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Website yang bisa diakses adalah Rumah Belajar Kemendikbud di alamat https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Paket bernama “Xtra Edukasi” ini ada tiga varian paket, yaitu Rp 1.000 untuk 2GB dan masa berlaku 1 hari, selanjutnya paket Rp 2,500 untuk 5GB masa 3 hari, dan Rp 7.500 untuk 15GB masa 7 hari. Seluruh pilihan paket bisa didapatkan di aplikasi myXL.

Selain itu ada juga paket “Extra Conference” untuk mengakses sejumlah aplikasi untuk mengikuti kelas/pertemuan yang bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan PJJ. Aplikasi yang dimaksud adalah Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom. Ada tiga varian paket, yaitu Harga mulai Rp 2.000 untuk 2GB dan masa berlaku 1 hari, kemudian Rp 4.000 untuk 5GB masa 3 hari, Rp 10.000 untuk 15GB masa 7 hari.

Sedangkan pelanggan AXIS, ada Paket “Boostr Edukasi” yang tersedia untuk para pelajar dan mahasiswa menawarkan tiga pilihan paket dengan benefit yang sangat ringan mulai Rp 800 untuk 2GB per hari, Rp 2.900 untuk 5GB masa aktif 7 hari, dan Rp 8.900 untuk 15GB masa aktif 7 hari. Pilihan paket ini dapat dimanfaatkan untuk mengkases aplikasi Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Selain itu juga bisa untuk akses ke website Kemendikbud khusus pembelajaran seperti Rumah Belajar Kemendikbud di alamat https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/. Bagi mahasiswa, paket ini juga bisa untuk masuk ke situs pembelajaran 39 universitas di Indonesia yang telah terdaftar di aplikasi AXISnet.

Bagi pelajar dan mahasiswa yang memerlukan paket untuk kolaborasi secara virtual, paket “Boostr Conference” menawarkan tiga pilihan harga, mulai Rp 800 untuk 2GB per hari, Rp 2.900 untuk 5GB masa aktif 7 hari, dan Rp 8.900 untuk 15GB masa aktif 7 hari. Pelanggan dapat memanfaat paket ini untuk mengakses layanan bekerja dan belajar dari rumah yang paling banyak digunakan yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, hingga Google Classroom.(rilis)