XL Axiata Perkuat Jaringan di Aceh Singkil dan Simeulue

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Aceh--PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas layanan data di seluruh wilayah provinsi Aceh, termasuk di Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Simeulue. Hingga 2 tahun terakhir ini, XL Axiata terus melakukan penguatan jaringan di ketiga kabupaten yang saling bersebelahan tersebut, seiring dengan terus meningkatnya kebutan data pelanggan di sana.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, “Penguatan jaringan kami lakukan terus menerus di semua area di Provinsi Aceh, termasuk di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Simeulue tersebut. Meskipun areanya cukup terpencil, nyatanya trafik data di sana terus tumbuh. Karena itu kami juga terus perkuat kualitas jaringannya dan juga perluas jangkauannya.  

Desy menambahkan, penguatan jaringan tersebut sekaligus menunjukkan keseriusan XL Axiata sebagai penyedia layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat. “XL Axiata Ada Untuk Indonesia”.

Saat ini, di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 117 desa dan 11 kecamatan. Di Kabupaten Aceh Singkil, menjangkau 57 desa dan 7 kecamatan. Lalu di Kabupaten Simeulue, telah menjangkau 21 desa dan 3 kecamatan. Jumlah ini berpotensi akan terus tumbuh mengingat semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memanfaatkan layanan data guna mendukung aktivitas dan produktivitas sehari-hari.

Menurut Desy, XL Axiata akan terus melakukan penambahan kapasitas link transmisi dan penambahan kapasitas BTS agar kualitas jaringan berkualitas. Dalam dua tahun terakhir, peningkatan trafik terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Simeulue. Di ketiga area itu, trafik meningkat antara 100% hingga 900%.

“Pertumbuhan trafik data tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas digital masyarakat yang semakin menjadi bagian dari keseharian mereka. Tercatat, per kuartal kedua 2022, XL Axiata memiliki lebih dari 700 ribu pelanggan di provinsi Aceh dan terus bertumbuh secara dinamis,” lanjut Desy.   

Di Kabupaten Simeulue, XL Axiata memiliki 4 BTS 4G, di Kabupaten Aceh Singkil ada 9 BTS 4G, dan di Kabupaten Aceh Selatan, 22 BTS 4G. Di seluruh Provinsi Aceh, XL Axiata jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 2.300 BTS, yang terdiri dari 1.360 BTS 4G. Jumlah tersebut termasuk BTS yang ada di pulau-pulau terpencil seperti Simeulue, Sabang, Breuh, dan Nasi yang ada di perairan Samudera Hindia. 

Promo khusus produk XL Axiata 

Dengan meningkatnya jumlah pengguna layanan XL Axiata, penguatan jaringan di Provinsi Aceh akan dilakukan sepanjang tahun. Baik untuk meningkatkan kualitas jaringan atau menambah ke area-area baru. Dari sisi produk, XL Axiata menyediakan paket-paket layanan data melalui kartu XL dan AXIS yang disesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen pelanggan. 

Saat ini tersedia promo produk yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Simeulue untuk mengakses layanan data di jaringan 4G, yaitu XL dan AXIS dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan produk tersebut, masyarakat dan pelanggan akan mendapatkan manfaat berupa paket data mulai dari 3GB hingga 55GB. Paket data tersebut bisa dimanfaatkan untuk menunjang produktivitas masyarakat, termasuk untuk mendukung kalangan UMKM, pelajar dan mahasiswa, pegawai swasta, hingga aparat pemerintahan.   

(Act) Head of Sales XL Axiata Sumut Outer - Aceh, Bertrand Sinabariba, mengatakan, ”Untuk memastikan masyarakat dan pelanggan mudah mendapatkan produk XL Axiata, baik XL maupun AXIS, saat ini di seluruh Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Simeulue ada sekitar 250 toko pulsa yang menyediakan produk XL Axiata. Toko-toko tersebut tersebar hingga ke wilayah desa-desa yang sudah terjangkau layanan XL Axiata. Melalui toko-toko jaringan distribusi tersebut, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi dan juga menyampaikan keluhan, di mana selanjutnya pengelola toko akan meneruskannya ke layanan pelanggan XL Axiata.”

Sementara itu bagi masyarakat yang berada di Kota Banda Aceh bisa datang ke XL Center di Jalan Mr. Dr. Mohd. Hasan, Batoh, Lueng Bata, Landom, Kota Banda Aceh. XL Axiata akan terus mempermudah masyarakat dan pelanggan dalam mendapatkan produk maupun layanan pengaduan.

Secara keseluruhan saat ini kemudahan dan kenyamanan akses layanan data XL Axiata didukung dengan jaringan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara. Total sebanyak lebih dari 144 ribu BTS, di antaranya lebih dari 88 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 130 ribu kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.(rilis)