Andi Tenry Sose Raih Gelar Doktor di Universitas Negeri Makassar

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Andi Tenry Sose.,S.Sn.,SE.,M.Si raih gelar doktor pada program studi pendidikan ekonomi dan berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul strategi pemberdayaan pengelolaan Usaha Dangke Skala Mikro di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dengan predikat coumlaude dengan IPK 3.94.

Dalam pemaparan yang dikemukakan oleh ibu Andi Tenry Sose.,S.Sn.,SE.,M.Si dengan mengungkap 5 strategi pemberdayaan yang akan di terapkan oleh pelaku usaha mikro terkhusus usaha Dangke di Kabupaten Enrekang yaitu strategi pemberdayaan kewirausahaan, strategi pemberdayaan produksi, strategi pemberdayaan pemasaran, strategi pemberdayaan jaringan usaha, dan strategi agresif. Dengan penerapan ke 5 strategi pemberdayaan ini maka peluang pelaku usaha Dangke untuk meningkatkan usahanya lebih besar. Mengenai strategi pemberdayaan hanya ada 2 strategi yang diterapkan pemerintah di Kabupaten Enrekang, dengan mengkalaborasi keseluruhan strategi. 

Ketika nantinya diberikan kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin, maka hal yang akan dilakukan adalah menjadi pemimpin yang melayani bukan dilayani dan terkhusus pada pelaku usaha Dangke saya akan menerapkan kelima strategi itu dan memperhatikan populasi serta pakan yang dibutuhkan oleh para pengusaha Dangke di Kabupaten Enrekang.

Adapun saran yang diberikan oleh promotor yakni Prof. Dr. Chalid Imran Musa.,M.Si bahwa Usaha dangke di Kabupaten Enrekang telah beradaptasi dengan adanya market place, menarik ketika ada praktek yang kolaboratif agar pelaku usaha Dangke saling menguntungkan dan memperkuat adanya local food yang ada di Kabupaten Enrekang. Adapun saran yang ditambahkan oleh Dr. Andi Tenry Sose.,S.Sn.,SE.,M.Si adalah dengan melakukan kemitraan dan binaan dalam usaha Dangke di Kabupaten Enrekang. 

Pesan yang diberikan oleh promotor yakni Prof. Dr. Chalid Imran Musa.,M.Si dengan mengutip pandangan mantan presiden oleh Amerika Abraham Lincoln yang menyatakan bahwa jika perubahan besar yang dilakukan tidak secara hebat maka lakukanlah perubahan kecil dengan cara yang hebat.

Yang bertindak sebagai ketua Sidang adalah Dr. Sulaiman Samad.,M.Si, ketua program studi S3 pendidikan ekonomi Prof. Dr. Muhammad Asis.,M.Si, tim promotor Prof. Dr. Chalid Imran Musa.,M.Si, selaku kopromotor Dr. Basri Bado.,M.Si, Selaku penguji internal Prof. Dr. Thamrin.,M.Si, Prof. Dr. Muhammad Asis.,M.Si dan penguji eksternal Prof. Dr. Muhammad Asdar.,M.Si.(rilis)