Apple akan Luncurkan Fitur Keselamatan Anak yang Pindai Pesan di Inggris untuk iPhone

By Nad

nusakini.com - Indonesia - Fitur keamanan yang menggunakan teknologi AI untuk memindai pesan yang dikirim ke dan dari anak-anak akan segera hadir di iPhone Inggris, Apple telah mengumumkan.

Fitur yang disebut sebagai "keamanan komunikasi di Pesan", memungkinkan orang tua untuk mengaktifkan peringatan untuk iPhone anak-anak mereka. Saat diaktifkan, semua foto yang dikirim atau diterima oleh anak menggunakan aplikasi Pesan akan dipindai untuk mencari ketelanjangan.

Jika ketelanjangan ditemukan dalam foto yang diterima oleh seorang anak dengan setelan yang diaktifkan, foto tersebut akan diburamkan, dan anak tersebut akan diperingatkan bahwa foto tersebut mungkin berisi konten sensitif dan diarahkan ke sumber daya dari kelompok keselamatan anak. Jika ketelanjangan ditemukan dalam foto yang dikirim oleh seorang anak, perlindungan serupa akan diterapkan, dan anak tersebut didorong untuk tidak mengirim gambar tersebut, dan diberi opsi untuk "Kirim Pesan kepada Orang Dewasa".

Semua pemindaian dilakukan "di perangkat", artinya gambar dianalisis oleh iPhone itu sendiri, dan Apple tidak pernah melihat foto yang dianalisis atau hasil analisis, katanya.

“Pesan menganalisis lampiran gambar dan menentukan apakah sebuah foto mengandung ketelanjangan, sambil mempertahankan enkripsi pesan ujung-ke-ujung,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. “Fitur ini dirancang agar tidak ada indikasi deteksi ketelanjangan yang pernah keluar dari perangkat. Apple tidak mendapatkan akses ke pesan, dan tidak ada pemberitahuan yang dikirim ke orang tua atau orang lain.”

Apple juga telah menjatuhkan beberapa opsi kontroversial dari pembaruan sebelum rilis. Dalam pengumuman awal rencananya, perusahaan menyarankan agar orang tua secara otomatis diberitahu jika anak-anak di bawah 13 tahun, mengirim atau menerima gambar seperti itu; dalam rilis terakhir, peringatan tersebut tidak dapat ditemukan.

Perusahaan juga memperkenalkan serangkaian fitur yang dimaksudkan untuk campur tangan ketika konten yang terkait dengan eksploitasi anak dicari di Spotlight, Siri atau Safari.

Seperti yang awalnya diumumkan pada musim panas 2021, keamanan komunikasi di Pesan dan peringatan pencarian adalah bagian dari trio fitur yang dimaksudkan untuk tiba pada musim gugur itu bersama iOS 15. Fitur ketiga, yang akan memindai foto sebelum diunggah ke iCloud dan melaporkan apa pun yang cocok dengan citra eksploitasi seksual anak yang diketahui, terbukti sangat kontroversial, dan Apple menunda peluncuran ketiganya saat bernegosiasi dengan kelompok privasi dan keselamatan anak. (theguardian/dd)