Banjir Melanda Palangkaraya, Pertamina Salurkan 100 Tabung Bright Gas untuk Dapur Umum Darurat BNPB

By Abdi Satria


nusakini.com-Palangkaraya-PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan sebagai Subholding Commercial & Trading Pertamina menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di wilayah Kota Palangkaraya. Bantuan yang diberikan berupa 100 buah refill tabung Bright Gas 5,5 Kg untuk Dapur Umum Darurat Bencana Banjir yang didirikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Palangkaraya.

Bantuan secara simbolis diberikan kepada Anna selaku Kepala Dapur Umum pada Selasa, 23 November 2021. Sales Area Manager Kalselteng (Kalimantan Selatan dan Tengah), Drestanto Nandiwardhana mengungkapkan, bantuan yang diberikan merupakan wujud dari kepedulian Pertamina bagi masyarakat terdampak banjir yang sudah melanda Kota Palangkaraya sejak dua pekan terakhir.

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir serta membantu pemda setempat dalam penyediaan pelayanan dapur umum," ujar Drestanto.

Sementara itu, Sales Branch Manager Rayon I Kalselteng, Yodha Galih Bayuaji menjelaskan, guna memastikan pasokan energi masyarakat tetap tersedia, Pertamina melakukan alih titik suplai distribusi BBM. “Mengingat mobil tangki tidak memungkinkan untuk melalui banjir yang cukup tinggi, dilakukan alih suplai dari Fuel Terminal Pulang Pisau ke Integrated Terminal Banjarmasin," tutur Yodha.

Meskipun harus menempuh jarak yang lebih jauh, sekitar 600 kilometer, dari Banjarmasin untuk sampai ke Palangkaraya, Yodha menegaskan pasokan bahan bakar dalam kondisi yang aman. “Ini adalah solusi terbaik sembari menunggu surutnya air banjir. Pertamina mengimbau masyarakat tidak khawatir karena stok BBM dalam kondisi mencukupi tanpa ada pengurangan," jelasnya.

Yodha juga mengimbau agar masyarakat membeli BBM secukupnya sesuai kebutuhan serta tidak melakukan penimbunan BBM. (rls)