Christensen & Franck Kessie Bisa Pergi Gratis Jika Tak Didaftarkan

By ommed


nusakini.com - Dua pemain baru, Andreas Christensen dan Franck Kessie bisa sama-sama pergi secara gratis dari Barcelona jika klub tidak mampu mendaftarkan mereka sebelum pertandingan pembuka La Liga musim ini lawan Rayo Vallecano.

Christensen dan Kessie sama-sama bergabung dengan Barca dengan status bebas transfer pada awal musim panas ini dari Chelsea dan AC Milan.

Namun, krisis finansial yang dialami Blaugrana membuat raksasa Spanyol itu terancam tidak bisa mendaftarkan kedua penggawa baru tersebut tepat waktu, sehingga mengancam masa depan mereka di Camp Nou.

ESPN melaporkan ada peluang bagi Christensen dan Kessie untuk pergi dari Barca tanpa memainkan satu pun pertandingan resmi apabila manajemen klub tidak bisa mendaftarkan keduanya ke La Liga sebelum lawan Rayo.

Ada klausul yang tertera pada kontrak pemain Denmark dan Pantai Gading itu dengan Barca, yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan klub tanpa biaya jika hak-hak mereka tidak terpenuhi.

Para rekrutan musim panas lainnya, Robert Lewandowski, Raphinha dan Jules Kounde juga belum terdaftar di La Liga. Sementara pemain lama seperti Sergi Roberto dan Ousmane Dembele yang baru-baru ini memperpanjang kontrak juga belum didaftarkan.

Situasi Christensen dan Kessie sedikit berbeda, mengingat mereka bergabung dengan Barca secara gratis. Oleh karena itu, jika mereka memilih demikian, mereka berhak pergi secara gratis sebelum jendela transfer ditutup.


Barca telah menghabiskan lebih dari €150 juta musim panas ini dan telah mengumpulkan lebih dari €600 juta dengan menjual 25% hak siar televisi domestik mereka selama 25 tahun dan 24,5% saham di Barca Studios.

Hanya saja, jumlah tersebut masih belum cukup bagi Barca untuk bisa memenuhi batasan gaji dan mendaftarkan para pemain baru. Mereka perlu menarik "tuas ekonomi" lainnya atau melepas beberapa pemain yang berpendapatan tinggi.

Oleh karena itu, Barca ingin menjual 24,5% saham lainnya yang tersisa di Barca Studios dan terus menegosiasikan pemotongan gaji lebih lanjut kepada para pemain lama, termasuk duo senior, Sergio Busquets dan Gerard Pique.

Fokus utama Barca saat ini adalah "menggadaikan" aset klub yang tersisa, agar bisa mendapatkan dana tambahan guna mendaftarkan para pemain baru mereka sebelum musim baru La Liga dimulai. (gi/om)