David Popovici, Atlet Renang Berusia 17 Tahun yang Cetak Rekor Dunia untuk Gaya Bebas 100m

By Nad

nusakini.com - Internasional - Remaja asal Rumania David Popovici mencetak rekor dunia dalam gaya bebas 100 meter dengan waktu 46,86 detik di kejuaraan Eropa di Roma pada hari Sabtu (13/8).

Atlet berusia 17 tahun itu memecahkan rekor sebelumnya, yang dibuat oleh Cesar Cielo dari Brasil pada 2009, dengan 0,05 detik saat ia mengambil emas di depan Kristof Milak dari Hongaria dan Alessandro Miressi dari Italia.

Popovici, yang dinobatkan sebagai juara dunia gaya bebas 100m dan 200m awal tahun ini, menjadi pemegang rekor dunia termuda dalam nomor gaya bebas 100m.

"Saya ingin pergi secepat mungkin dan sepertinya saya berhasil," katanya kepada BBC, menyebut dirinya "skinny legend."

"Sebuah fantasi sekarang mungkin menjadi 45 (kedua kalinya)," tambahnya. "Adam Peaty adalah pelopor dalam hal tujuan yang dia tetapkan. Bagi yang lain itu fiksi ilmiah, tapi tidak untuknya."

Perenang Inggris Peaty menetapkan dirinya sebagai orang pertama yang berenang gaya dada 100m dalam waktu kurang dari 57 detik selama karirnya - suatu prestasi yang ia capai ketika ia memecahkan rekornya sendiri pada tahun 2019.

Prospek rekor gaya bebas 100m baru tampak mungkin ketika Popovici memecahkan penghalang 47 detik untuk pertama kalinya di semifinal pada hari Jumat. Setelah berenang memecahkan rekor pada hari berikutnya, dia diberi selamat oleh Cielo.

"Saya tahu hari ini akan datang... Dan ternyata benar! Rekor dunia gaya bebas 100m saya dipecahkan setelah 13 tahun!" Cielo menulis di Twitter.

"Selamat, Popovici! Senang memiliki rekor besar ini begitu lama! Ada pria tercepat baru di dunia dalam gaya bebas 100 meter dan dia baru saja memulai!" lanjutnya. (cnn/dd)