Foto/dok. PG  

nusakini.com - Dua misi utama coba dibidik Klub Renang Petrokimia Gresik (KRPG) dalam kejuaran nasional (kejurnas) Renang Antar Klub Pertokimia Cup VIII yang baal digelar di kolam renang Petrokimia Gresik 1-2 April 2017 mendatang.

Yakni, sukses sebagai pihak penyelenggara dan tentunya sukses berprestasi . Khususnya untuk raihan prestasi, KRPG optimis bakal mampu mempertahankan gelar juara umum yang telah mereka torehkan sejak awal kejuaraan dilangsungkan.

“Sama dengan Kejurnas Petrokimia Cup sebelumnya, dalam perlombaan besok kami juga menargetkan bisa keluar sebagai juara umum. Sehingga tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi juga berprestasi”, ujar pelatih kepala KRPG, Dudy Priharyadi.

Untuk wujudkan ambisi tersebut, jajaran pelatih KRPG mengisyaratkan akan mengikuti semua nomor yang diperlombakan, yakni sebanyak 146 nomor. Dengan sebanyak 126 perenang binaan KRPG bakal diterjunkan, termasuk 27 perenang senior yang saat ini menempati mess.

Pada kelompok putra, beberapa perenang senior yang bakal menjadi tumpuan di antaranya Nanda Wahyu Jendro, M. Rizky Muntaza, Hosdan Giovasa Yogasura, Arbiansyah Seto W, Yefta Israel, M Zaunar Anam, Maulana Rifky Y, M Widam Andrianto, M Naufal Majid, Rangga Wardana, Rangga Kurniawan dan M Toriq Ez Zaman.

Sementara dikelompok putrid, terdapat Nurul Fajar Fitriyati, Fadhillah Nur Fitriyanti, Ulul Azminia Primidita, Dea Hidayati, Annisa Darajatun JR, Lailatul Husna Afrifiani, Agna Nawa Kharimah, Niken berliantika, Aisha Amelia Padmasari, Tri Rahayu, Egia Anastasia, Nana Pratiwi, Dewa Ayu PW, Restika Ari Fatmawati serta Ririn Juniasari.

“Kami cukup optimis bisa mempertahankan gelar juara umum karena beberapa perenang andalan kami tersebut mampu mampu tampil baik dalam Kejurda renang Jatim sehingga saya yakin peak performance mereka akan tetap terjaga”, jelas Dudy.

Dengan perenang yang dijagokan untuk bisa meraih banyak medali emas adalah Maulana Rifky Y dan Nanda Wahyu Jendro pada sektor putra. Sedang pada putri, ada Nurul Fajar Fitriyati dan Ulul Azima Primidita.

“Maulana Rifky yang bakal diturunkan di Kelompok Umur 2 merupaka pringkat 3 besar nasional di kelompoknya, dan dia akan kami andalkan di seluruh nomor gaya bebas. Sementara Nanda punya spesialisasi di nomor 1500 meter gaya bebas dan 200 meter gaya kupu-kupu”, beber Dudy.

Untuk Nurul, jelas Dudy, diyakini mampu menjadi yang terbaik di nomor gaya punggung 50 meter, 100 meter dan 200 meter. Juga pada gaya kupu-kupu 50 dan 100 meter. Sedang Ulul yang diturunkan di Kelompok Umur 1 diketahui merupakan peringkat pertama di Jatim.

Meski demikian KRPG juga tetap mewaspadai kekuatan tim lainnya yang dianggap potensial bisa cukup menyulitkan, seperti klub renang Hiu Surabaya, Takahide Swimming, dan Telaga Biru

Selain menambatkan harapan pada raihan medali pada perenang senior dan para penghuni mess, KRPG juga berharap banyak pada para perenang mudanya yang dianggap punya potensi untuk bisa merai emas di kejuaraan ini.

“Ada M Alif Firmansyah kelahiran 2006 yang bakal bertansing di Kelompok Umur 4, apalagi di saat Kejurda Jatim dulu dia berhasil mendapat 7 emas. Kami berharap banyak pada Alif untuk mampu meraih gelar best of best (pengumpul medali terbanyak). Penghargaan yang ada sejak Petrokimia Cup VI, tapi belum kami raih hingga kini”, pungkasnya. (b/mk)