Dugong Punah di China

By Nad

nusakini.com - Internasional - Dugong sekarang secara fungsional punah di China setelah degradasi luas habitat dan perburuan historis mereka, kata para ilmuwan.

Penangkapan ikan dan pemogokan kapal juga menjadi salah satu alasan menurunnya aktivitas dugong, kata Prof Samuel Turvey dari ZSL’s Institute of Zoology, yang menggambarkan temuan tersebut sebagai “panggilan bangun” untuk memprioritaskan upaya konservasi.

Sejak 1988, dugong telah diklasifikasikan oleh dewan negara bagian China sebagai hewan yang dilindungi kunci nasional tingkat satu, yang memberinya tingkat perlindungan tertinggi. Namun, tidak ada catatan tentang keberadaan dugong di China sejak 2008.

“Studi baru kami menunjukkan bukti kuat tentang hilangnya spesies mamalia air karismatik lainnya di China – sayangnya, sekali lagi didorong oleh aktivitas manusia yang tidak berkelanjutan,” kata Turvey, salah satu penulis penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science.

Duyung/dugong sangat bergantung pada lamun, habitat laut tertentu yang dengan cepat terdegradasi oleh dampak manusia dari pembangunan pesisir hingga pencemaran air.

Turvey mengatakan padang lamun juga rentan terhadap proses yang disebut "eutrofikasi" - di mana ganggang terbentuk karena peningkatan nutrisi dalam air yang disebabkan oleh manusia, seperti dari limbah. Ini “menurunkan kemampuan cahaya untuk menembus air laut dan dengan demikian mencegah fotosintesis lamun,” kata Turvey.

Meskipun upaya restorasi dan pemulihan lamun dianggap sebagai prioritas konservasi utama di Cina, proses restorasi dapat memakan waktu lama dan mungkin sudah terlambat bagi populasi dugong yang tinggal di sana.

Dr Heidi Ma, peneliti postdoctoral di ZSL's Institute of Zoology dan juga penulis studi tersebut, mengatakan para peneliti melakukan survei wawancara di empat provinsi maritim selatan di sepanjang wilayah pesisir Laut Cina Selatan untuk mengumpulkan pengetahuan lokal tentang penampakan dugong dan wilayahnya. status.

Menggunakan survei wawancara dari penduduk lokal “menunjukkan kegunaan pengetahuan ekologi untuk memahami status spesies, tetapi juga membantu kami melibatkan masyarakat lokal dan untuk menyelidiki kemungkinan penyebab penurunan satwa liar dan solusi potensial untuk mitigasi”, kata Ma.

Para peneliti juga meninjau data historis yang mencakup distribusi dan aktivitas dugong masa lalu di Tiongkok.

Penulis penelitian mengatakan mereka akan “menyambut kemungkinan adanya bukti di masa depan” bahwa duyung mungkin masih bertahan di China – namun, penelitian mereka tidak menunjukkan bukti terbaru tentang kelangsungan hidup dugong di rumah mereka yang diketahui di perairan daratan China.

Di luar Cina, populasi dugong dapat ditemukan di perairan pantai tropis dan sub-tropis dari Vanuatu hingga pulau-pulau barat daya Jepang. Mereka terancam secara global dan terdaftar sebagai rentan oleh International Union for Conservation of Nature.

Penelitian baru ini adalah "pengingat yang serius bahwa kepunahan dapat terjadi sebelum tindakan konservasi yang efektif dikembangkan," kata Turvey. (theguardian/dd)