Gangguan Impor Kentang McDonald's Picu "Perang" Kentang Goreng di Jepang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Penjatahan kentang goreng baru-baru ini oleh McDonald's Co. (Jepang) karena gangguan impor kentang mendorong pesaing untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar, memicu apa yang disebut pengguna media sosial sebagai "perang kentang."

Operator restoran McDonald's di Jepang mengatakan mereka hanya akan menawarkan porsi lebih kecil dari kentang gorengnya selama sekitar satu bulan mulai 9 Januari di semua sekitar 2.900 tokonya di seluruh negeri. Ini adalah kedua kalinya dalam dua bulan perusahaan membatasi penjualan makanan populer tersebut.

Banjir di dekat pelabuhan Vancouver dan gangguan logistik di seluruh dunia yang dipicu oleh pandemi virus corona menunda impor kentang dari Amerika Utara, membuat perusahaan menunda penjualan kentang goreng porsi sedang dan besar selama seminggu di bulan Desember.

Rantai restoran ini mengatakan penundaan impor yang berkelanjutan karena cuaca buruk telah memaksanya untuk memberlakukan pembatasan lebih lanjut pada penjualan. Perusahaan juga untuk sementara menangguhkan penawaran kentang goreng di beberapa lokasi.

Langkah ini mengguncang banyak konsumen di Jepang, dengan istilah "poteto nanmin" (pengungsi kentang) menjadi viral di media sosial.

"Saya merasa sangat sedih dengan penjatahan karena saya suka kentang goreng," kata seorang pria berusia 30 tahun yang baru saja membeli sebagian kecil di toko McDonald's di distrik perbelanjaan Ginza Tokyo. "Saya berharap mereka akan memperbaiki masalah pasokan dengan cepat."

Beberapa pesaing mengambil keuntungan dari situasi ini.

Jaringan hamburger Freshness Burger, di bawah Colowide Co., memulai kampanye pada 14 Januari, meningkatkan porsi kentang gorengnya sebesar 25 persen hingga 27 Februari.

Perusahaan mengatakan tidak menghadapi kekurangan pasokan karena sumber kentangnya dari Hokkaido, pulau utama paling utara Jepang yang terkenal dengan produk pertaniannya.

"Kami meluncurkan kampanye ini untuk menyelamatkan pengungsi kentang," kata Freshness Burger di situsnya. "Kami ingin memenuhi kebutuhan kentang mereka."

Operator jaringan toko serba ada Ministop Co. mulai menawarkan kentang goreng "bucket potato" tiga kali lipat ukuran porsi biasa pada 14 Januari.

Ministop mengatakan produk baru itu terinspirasi oleh penjualan yang lebih baik dari perkiraan ketika meningkatkan porsi kentang goreng sebesar 50 persen sekitar liburan akhir tahun dan Tahun Baru. McDonald's tidak menawarkan kentang goreng dalam porsi sedang dan besar selama periode tersebut.

Meningkatnya persaingan telah membuat banyak orang men-tweet tentang "perang kentang," dengan satu postingan mengatakan, "Ini adalah perang yang disambut baik bagi pecinta kentang goreng."

Tatsunori Taniai, 33, yang mengunjungi toko McDonald's di Tokyo baru-baru ini, mengatakan dia adalah penggemar setia kentang gorengnya. "Ada kalanya saya hanya butuh rasa junk food itu. Jadi saya rasa saya tidak akan langsung beralih ke produk perusahaan lain," katanya sambil menambahkan, "Tetapi jika kelangkaan kentang terus berlanjut, tidak ada jaminan." (Kyodo/dd)