Hadir di Thailand, Mobil Listrik Toyota bZ4 Semakin Dekat ke Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Mobil listrik Toyota bZ4X semakin dekat ke Tanah Air setelah Thailand memastikan SUV baru ini akan diperkenalkan pada tahun ini. Pengumuman soal bZ4X diungkap Presiden Toyota Motor Thailand Noriaki Yamashita di sela pemaparan kinerja perusahaan selama 2021.

"Tahun lalu, kami memperkenalkan Lexus UX 300e BEV dan Lexus NX450h+ PHEV. Untuk merek Toyota, bZ4X yang merupakan model pertama dari seri bZ akan diperkenalkan tahun ini," ujarnya mengutip Paultan, Jumat (28/1).

Yamashita memang tidak menyebut secara rinci kapan mobil itu masuk Thailand. Tapi spekulasinya, bZ4X akan tiba dan diperkenalkan di negeri tersebut pada semester kedua 2022.

Pada pemaparannya tidak ada informasi mengenai kemungkinan bZ4X akan diproduksi lokal atau tidak. Namun ada peluang mobil itu diproduksi lokal sebab diperkirakan bagian rencana perusahaan menjadikan Thailand salah satu pusat produksi mobil listrik.

"Kami juga akan menjajaki lokalisasi lebih lanjut dalam upaya menjadikan Thailand sebagai pusat produksi utama untuk beberapa kendaraan listrik. Inisiatif ini sejalan dengan arah pemerintah Thailand menuju elektrifikasi, ekonomi BCG, dan tujuan dekarbonisasi," kata Yamashita.

Toyota pada November 2021 telah mengumumkan bakal menghadirkan mobil listrik murni baru bernama bZ4X. Mobil tanpa emisi bergaya SUV ini direncanakan meluncur secara global pada 2022.

Mobil ini dirancang sebagai SUV ringkas lima penumpang yang jika dilihat sekilas ukurannya mirip Corolla Cross. Namun bedanya, bZ4X sepenuhnya digerakkan motor listrik.

Situs resmi Toyota menyebutkan ukuran bZ4X yakni panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm.

Toyota bZ4X ini dikatakan mengadopsi platform khusus mobil listrik yang pertama untuk Toyota berdasarkan filosofi e-TNGA. Platform ini diklaim dapat mencapai performa berkendara yang baik melalui pusat gravitasi rendah dan 'kekakuan' yang baik.

Mobil akan tersedia dalam dua pilihan, yaitu penggerak roda depan atau FWD dan semua roda AWD.

Pada versi FWD dikatakan tenaganya mencapai dapat 150 kW sementara AWD 160 kW. Keduanya sama-sama menggendong baterai lithium-ion yang diletakkan secara rata di lantai mobil dengan tegangan total 355 volt.

Sementara performa di atas kertas, untuk akselerasi dari 0-100 km per jam, dapat dicapai dalam 8,4 detik untuk FWD dan AWD 7,7 detik.

Menurut Toyota baterai dapat terisi hingga 80 persen dalam 30 menit. Pengisian listrik juga dapat dilakukan menggunakan panel surya yang tertanam pada atap mobil. (CNN)