IHSG Menguat, Ini Daftar Saham yang Paling Diburu Investor

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan hari ini, Jumat (7/1/2022). IHSG menguat ke posisi 6.669,51 setelah ditutup melemah sebesar 0,49 persen pada perdagangan kemarin.
Valbury Sekuritas memperkirakan IHSG akan bergerak campuran pada hari ini, sejalan dengan pergerakan bursa saham global. Di Asia, indeks Hang Seng, Shanghai Composite dan Strait Times bergerak naik. Sedangkan bursa utama Wall Street ditutup turun pada perdagangan semalam.
Sentimen positif dalam negeri diperkirakan akan mewarnai pergerakan IHSG. Salah satunya terkait kondisi utang Indonesia. "Pemerintah memastikan jika utang negara saat ini masih bisa dibayarkan secara lunas," kata Valbury Sekuritas dalam risetnya, Jumat (7/1/2022).
Saat ini utang Indonesia tercatat telah mencapai Rp6.000 triliun. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani pembayaran hutang bisa dilakukan asalkan sejumlah indikator terpenuhi, seperti pertumbuhan ekonomi yang bagus, serta Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
Penguatan IHSG pagi ini ditopang oleh kenaikan indeks LQ45 yang naik sebesar 0,72 persen. Investor asing juga membukukan pembelian bersih sebesar Rp373,68 miliar dengan saham-saham yang diburu antara lain BBCA, ARTO, PTBA hingga EMTK. (rls)