Kaisar Jepang Berharap yang Terbaik untuk Atlet Paralimpiade Tokyo

By Nad

nusakini.com - Internasional - Kaisar Jepang Naruhito pada hari Selasa (24/8) mengatakan ia berharap semua atlet yang berpartisipasi di Paralimpiade Tokyo bisa memberikan performa terbaik mereka walaupun situasi pandemi mungkin mempersulit keadaan.

Ia menyampaikan kepada Andrew Parsons, ketua Komite Paralimpiade Internasional (IPC) bahwa ia berharap langkah-langkah yang diterapkan oleh IPC dan panitia penyelenggara untuk mencegah infeksi, dapat membuat atlet-atlet bisa bertanding sehat dan tenang.

"Saya ingin bergabung dengan Anda sekalian untuk mengharapkan yang terbaik untuk semua atlet," ucapnya menggunakan Bahasa Inggris di Istana Kekaisaran.

Naruhito juga menyampaikan kekhawatirannya kepada atlet-atlet Paralimpiade yang mungkin menghadapi risiko yang lebih besar daripada atlet Olimpiade karena kondisi-kondisi kesehatan mereka.

Parsons berjanji untuk melakukan yang terbaik agar pertandingan bisa diselenggarakan dengan aman untuk semua pihak. Rapat tersebut dihadiri oleh 10 pejabat IPC, beberapa jam sebelum upacara pembukaan Paralimpiade.

Presiden IPC ini juga memberitahu kepada kaisar bahwa Paralimpiade bukan hanya menyenangkan untuk ditonton, namun ajang ini memiliki kemampuan untuk mengubah masyarakat.