Kaisar Jepang Bertemu dengan Ibu Negara AS sebelum Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

By Nad

nusakini.com - Internasional - Kaisar Jepang Naruhito menerima kunjungan kehormatan dari Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden dan beberapa pejabat tinggi asing lainnya di Istana Kekaisaran pada hari Jumat (23/7) sebelum upacara pembukaan Olimpiade pada malam hari nanti.

Ini adalah kali pertama kaisar bertemu dengan ibu negara, yang akan memimpin delegasi Amerika Serikat pada acara pembukaan nanti. Acara ini akan diselenggarakan di Stadion Nasional tanpa penonton dari pihak warga karena Tokyo sedang dalam keadaan darurat COVID-19.

Kaisar dijadwalkan akan menghadiri acara pembukaan karena ia merupakan pelindung kehormatan untuk Olimpiade dan Paralimpiade yang sempat ditunda selama satu tahun akibat pandemi virus corona.

Sebelumnya, ibu negara Jepang, Mariko Suga membawa Jill Biden untuk mengikuti workshop yang membuat dupa Jepang di Istana Akasaka, Tokyo.

Jill Biden terlihat mengenakan pin yang merupakan hadiah dari Mariko Suga saat ia dan suaminya, Perdana Menteri Yoshihide Suga mengunjungi Gedung Putih pada bulan April lalu.

Pemerintah Jepang tadinya mengharapkan puluhan pemimpin negara asing untuk mengunjungi upacara pembukaan di Tokyo. Namun, jumlahnya sekarang hanya sekitar 15 orang, termasuk Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Macron yang negaranya akan mengadakan Olimpiade Musim Panas pada tahun 2024, adalah satu-satunya kepala negara dari G7 yang menghadiri upacara pembukaan.