Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Korea Utara telah menembakkan apa yang tampak seperti rudal balistik ke arah Laut Jepang, peluncuran proyektil pertamanya sejak Oktober lalu, kata pemerintah Jepang dan Korea Selatan pada hari Rabu (5/1).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan peluncuran itu terjadi sekitar pukul 08:10 dan militernya sedang memantau situasi dengan dan cermat bekerja sama dengan Amerika Serikat.

"Diduga (proyektil) telah mendarat di luar zona ekonomi eksklusif negara kami," kata Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi kepada wartawan. "Apa yang tampak seperti rudal balistik diluncurkan dari pedalaman (area di) Korea Utara ke arah timur."

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan bahwa sangat disayangkan bahwa Korea Utara telah berulang kali meluncurkan rudal sejak tahun lalu.

"Kami akan memberikan informasi yang tepat kepada orang Jepang dengan cepat dengan melakukan upaya terbaik dalam pengumpulan dan analisis informasi," kata Kishida kepada wartawan setelah peluncuran.

Resolusi Dewan Keamanan PBB melarang Korea Utara menggunakan teknologi rudal balistik.

Korea Utara terakhir meluncurkan proyektil pada Oktober 2021, ketika negara itu melakukan uji coba rudal balistik kapal selam jenis baru, menambah kekhawatiran atas kemajuan teknologi negara bersenjata nuklir itu dalam senjata yang sulit dicegat.