LIB Adakan Workshop Soal Fitogether

By Abdi Satria


nusakini.com-Gianyar- PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah bekerja sama dengan Fitogether, pekan lalu. Kerja sama itu berupa penyediaan alat EPTS (Electronic Performance Tracking System atau kinerja elektronik dan sistem pelacakan) dari Fitogether untuk semua klub peserta BRI Liga 1 2021/2022.

Alat elektronik itu telah dibekali dengan nilai tertinggi untuk akurasi dan konsistensi dalam program kualitas FIFA yang berkaitan dengan kinerja elektronik dan sistem pelacakan. Dengan begitu, bisa memantau perkembangan pemakainya.

Pada Sabtu (15/1), LIB menyelenggarakan workshop untuk penggunaan alat itu. Seluruh perwakilan 18 klub Liga 1 hadir pada agenda yang dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar tersebut.

Mereka mendapatkan penjelasan secara detail tentang perangkat leras, perangkat lunak, analisa data, dan laporan analisa. Termasuk cara memaksimalkan data-data akurat yang menunjukkan performa dari sang pemakainya, yaitu manajemen performa, evaluasi kinerja, dan analisa taktikal.

“Berbagai langkah terus kami lakukan untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Salah satunya kerja sama dengan Fitogether yang berbasis data. Kami berharap dengan memaksimalkan alat itu, klub bisa memantau performa setiap pemainnya. Terukur dan akurat,” jelas Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

Klub-klub merespon positif program tersebut. Menurut mereka, alat EPTS itu akan sangat berfungsi untuk memantau kondisi tim. “Program ini sangat bagus. Kami diberikan kesempatan untuk menggunakan alat yang bisa memantau kinerja pemain. Sangat membantu kami untuk mengevalusi kondisi tim,” jelas Danilo Fernando, Direktur Teknik Persik Kediri.

“Kami sampaikan terima kasih untuk LIB yang telah memberikan peluang agar performa klub bisa meningkat dan terekam. Tentu ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Ujungnya akan meningkatkan kualitas timnas,” tambah Sudarmaji, media officer Arema FC. (rls)