Lionel Messi Tak Pantas Menangkan Ballon d'Or

By ommed


nusakini.com - Keberhasilan Ballon d'Or ketujuh Lionel Messi sama sekali tidak pantas, menurut bintang Real Madrid Toni Kroos, sambil menjelaskan tentang pencapaian Cristiano Ronaldo selama setahun terakhir.

Messi memenangkan Bola Emas 2021 setelah tahun gemilangnya untuk klub dan negaranya, mencatatkan 42 gol sambil mendapatkan penghargaan Copa del Rey dan Copa America.

Namun, Kroos tidak percaya bahwa pemain internasional Argentina, yang bergabung dengan Paris Saint-Germain setelah meninggalkan Barcelona di musim panas, seharusnya finis di belakang naman lain dalam pemungutan suara terakhir.


Gelandang Madrid itu mengatakan di podcast resminya: "Ini sama sekali tidak pantas."

"Tidak diragukan lagi bahwa Messi, bersama Cristiano [Ronaldo], telah menjadi pemain terbaik dalam satu dekade terakhir, tetapi tahun ini seharusnya ada pemain lain yang lebih baik."

Ditekan tentang siapa yang dia rasa pantas menerima penghargaan kali ini, Kroos menyebut rekan satu timnya di Madrid Karim Benzema, dengan dia juga bersikeras bahwa Ronaldo seharusnya finis di depan Messi setelah dampak yang CR7 buat sejak kembali ke Manchester United.

"Bagi saya, Karim akan menjadi nomor satu jika Anda benar-benar mencari pemain individu terbaik tahun lalu, karena saya dapat melihat dari jarak dekat betapa luar biasanya dia sebagai pesepakbola," tambahnya.

"Ketika saya melihat berapa banyak gol penentu yang dicetak Cristiano akhir-akhir ini - Manchester United masih berada di Liga Champions berkat dia - maka, di mata saya, Cristiano juga masih unggul dari Messi."


Kemarahan Kroos akan keputusan tersebut juga dirasakan oleh mantan rekan satu timnya di Santiago Bernabeu, Iker Casillas.

"Semakin sulit bagi saya untuk percaya pada penghargaan sepakbola," tulis mantan kiper internasional Spanyol itu di Twitter resmi miliknya.

"Bagi saya, Messi, di adalah salah satu dari lima pemain terbaik sepanjang sejarah, tetapi Anda harus tahu bagaimana membuat daftar pemain paling luar biasa dalam satu musim. Itu tidak terlalu sulit."


Gianluigi Donnarumma, Kylian Mbappe, KEvin De Bruyne, Mohamed Salah, N'Golo Kante dan Jorginho juga termasuk di antara mereka yang harus puas berada di belakang Messi dalam urutan sepuluh besar.

Posisi Robert Lewandowski sebagai runner-up terbukti menjadi yang paling kontroversial, meskipun, dengan banyak pakar sebelumnya memberi dia dukungan untuk penghargaan tersebut setelah 12 bulan produktifnya di Bayern Munich.

Striker Polandia itu juga menjadi favorit untuk Ballon d'Or 2020 sebelum dibatalkan karena virus Corona, dan Messi mengungkapkan bahwa Lewandowski layak mendapatkan penghargaan itu di tahun lalu.

"Saya ingin mengatakan kepada Robert bahwa merupakan suatu kehormatan untuk melawan dia," kata mantan kapten Barcelona itu. "Dia pantas memenangkannya tahun lalu." (gi/om)