nusakini.com - Internasional - Seekor macan tutul salju mati setelah tertular Covid-19 di Kebun Binatang Miller Park di Bloomington, Illinois.

Rilu, macan tutul salju berusia 11 tahun, berjuang dengan pneumonia yang disebabkan oleh Covid-19 sebelum mati, menurut sebuah posting di akun Instagram yang diverifikasi Kebun Binatang Miller Park.

"Rilu tiba di Kebun Binatang Miller Park pada 2011 dari Kebun Binatang Kota Oklahoma," tulis postingan tersebut. "Selama waktunya di sini, dia menghasilkan tujuh keturunan hidup yang sekarang menjadi bagian dari Species Survival Plan (SSP)."

"Kehadirannya menjadikan Kebun Binatang Miller Park salah satu institusi terkemuka di dunia dalam memproduksi anak-anak Macan Tutul Salju."

"Kepribadian dan kecantikan Rilu akan dirindukan oleh tamu dan staf, tetapi dia tidak akan dilupakan."

Macan tutul salju adalah spesies yang rentan, menurut World Wildlife Fund. Dengan perkiraan populasi 4.000 hingga 6.500, ancaman utama bagi kelangsungan hidup mereka adalah perburuan, hilangnya habitat, dan krisis iklim.

Fotografer satwa liar Joel Sartore, yang mengabadikan Rilu dalam film foto, memberikan penghormatan kepada macan tutul salju itu dalam sebuah postingan di akun Instagramnya yang terverifikasi.

"Kami sangat sedih untuk berbagi berita bahwa Rilu, macan tutul salju berusia 11 tahun @millerparkzoo, telah meninggal karena komplikasi COVID," kata Sartore.

"Macan tutul salju terbukti sangat rentan terhadap penyakit ini, dan seringkali berakibat fatal. Jika Anda belum menerima vaksinasi dan booster, silakan lakukan. Bukan hanya nyawa manusia yang dipertaruhkan. Terima kasih."

Kasus hewan kebun binatang yang terinfeksi Covid-19 telah dilaporkan sebelumnya. Pada bulan Desember, dua kuda nil dinyatakan positif Covid-19 di sebuah kebun binatang di Antwerpen, Belgia. Sebulan sebelumnya, tiga macan tutul salju mati di Kebun Binatang Anak Lincoln di Nebraska, karena komplikasi terkait Covid-19.

"Saya suka bahwa warisan Rilu akan terus hidup di dalam Photo Ark. Rilu akan memukau dunia selama bertahun-tahun yang akan datang," kata Jay Tetzloff, pengawas kebun binatang, menurut postingan Instagram Kebun Binatang Miller Park. (cnn/dd)