Medali Emas Pertama Olimpiade Beijing 2022 Diraih oleh Therese Johaug yang Pernah Doping

By Nad

nusakini.com - Internasional - Setiap harapan dari kontroversi yang telah mengganggu Olimpiade Musim Dingin Beijing memudar menjadi kaburnya medali setelah obor dinyalakan dengan cepat disingkirkan pada hari Sabtu (5/2) saat emas pertama jatuh ke tangan terpidana doping.

Therese Johaug, pemain ski lintas negara Norwegia berprestasi yang dilarang bertanding di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 saat menjalani skorsing 18 bulan karena tes narkoba positif, melenyapkan lapangan untuk memenangkan skiathlon 7,5 km+7,5 km pada sore yang tertiup angin di desa kecil Taizicheng di pegunungan kira-kira 120km barat laut Beijing.

Sedikit, jika ada, dari 109 medali emas yang akan dibagikan dalam 15 cabang olahraga selama dua setengah minggu ke depan akan dimenangkan dengan cara yang lebih dominan. Petenis berusia 33 tahun, yang memasukkan dirinya ke dalam kelompok terdepan dari start massal sebelum membuka keunggulan hampir satu menit pada kelompok pengejar yang terdiri dari empat orang selama putaran terakhir, mengangkat tangannya dengan gembira saat dia melewati garis dalam waktu 44 menit 13,7 detik untuk memenangkan kontes yang dianggap sebagai ujian pamungkas lintas negara.

Natalia Nepryaeva, pemain Rusia yang bertengger di puncak papan peringkat Piala Dunia secara keseluruhan, bangkit untuk menyalip sepasang pemain ski di kilometer terakhir untuk memenangkan perak, dengan selisih 30,2 detik.

Teresa Stadlober dari Austria memastikan medali perunggu setelah ia dikalahkan oleh Nepryaeva dengan selisih 0,3 detik di finis. Kerttu Niskanen dari Finlandia menempati posisi keempat dan Frida Karlsson dari Swedia berada di urutan kelima, delapan detik di depan tempat keenam Jessie Diggins, yang menjadi orang Amerika pertama yang memenangkan medali emas dalam lintas alam dalam sprint tim di Pyeongchang.

Perlombaan skiathlon dirancang untuk menentukan pemain ski all-around terbaik. Mantel itu milik Johaug setelah kemenangannya yang luar biasa, yang dimainkan dalam kondisi hembusan es dan suhu -1C (30F), tetapi bukan tanpa momok kontroversi. Bagi Johaug, itu adalah medali Olimpiade keempat dan emas keduanya setelah membantu Norwegia meraih kemenangan estafet 4x5km di Olimpiade Vancouver 2010. Juara dunia 14 kali itu juga meraih medali perak dan perunggu di nomor beregu di Sochi empat tahun kemudian.

Namun dia terpaksa keluar dari Olimpiade 2018 karena skorsing yang lama setelah dites positif menggunakan steroid anabolik clostebol, yang dia klaim sebagai hasil salep bibir yang dibeli oleh dokter tim, Fredrik Bendiksen, dalam waktu singkat untuk mengobati sengatan matahari selama high- pelatihan ketinggian di Italia.

Penjelasannya dianggap tidak masuk akal oleh badan pengatur ski internasional – paling tidak karena krim yang dimaksud termasuk label peringatan doping di kotak – yang mengajukan banding terhadap penangguhan 13 bulan yang awalnya dijatuhkan oleh otoritas anti-doping Norwegia.

Pengadilan arbitrase untuk olahraga kemudian menjatuhkan hukuman lima bulan, mengakui "catatan anti-doping bersih" Johaug tetapi mengutip kelalaiannya karena tidak mencantumkan label peringatan yang jelas dan memutuskan salah satu nama terbesar olahraga itu keluar dari Pyeongchang.

“Johaug gagal melakukan pemeriksaan dasar kemasan, yang tidak hanya mencantumkan zat terlarang sebagai bahan tetapi juga termasuk peringatan peringatan doping yang jelas,” kata pengadilan dalam siaran pers.

Bendiksen mengundurkan diri setelah disalahkan atas tes positif Johaug.

Sejak kembali dari skorsingnya, Johaug telah menyelesaikan podium sekali dalam 53 balapan. Dia secara luas diharapkan untuk menambah perolehan medalinya dalam beberapa hari mendatang saat program lintas negara wanita bergerak maju.

“Itu sangat berarti,” kata Johaug. “Saya tidak pernah memiliki medali emas Olimpiade [individu]. Aku sangat bahagia.

“Awalnya saya sangat senang datang ke sini karena kami memiliki Covid di tim kami. Dan hari ini ketika saya mencapai tujuan saya, saya sangat senang. Saya telah berlatih ribuan jam untuk ini dan sering jauh dari rumah selama bertahun-tahun. Jadi sangat indah untuk mencapai tujuan ini.”

Kemenangan Johaug datang tak lama sebelum speed skater Irene Schouten dari Belanda memenangkan emas kedua Olimpiade Beijing di kelas 3.000 m putri. (theguardian/dd)