Sentimen Anti China di Korea Selatan terus Berkembang Jelang Pilpres

By Nad

nusakini.com - Internasional - Permusuhan terhadap China, yang telah lama membara di Korea Selatan, meledak minggu ini menyusul sepasang kontroversi selama Olimpiade Musim Dingin di Beijing.

Itu dimulai ketika seorang wanita mengenakan hanbok merah muda, pakaian tradisional Korea, membawa bendera Tiongkok saat berbaris dalam upacara pembukaan Olimpiade. Banyak orang Korea Selatan marah, melihatnya sebagai upaya terbaru Beijing untuk mengklaim aspek budaya Korea yang dicintai.

Begitu kompetisi dimulai, segalanya menjadi lebih buruk. Pada hari Senin (7/2), dua skater kecepatan trek pendek Korea Selatan didiskualifikasi karena gerakan yang dianggap ilegal, memungkinkan sepasang skater China untuk maju dan akhirnya memenangkan medali emas dan perak. Outlet media Korea Selatan menggemakan ketidakpuasan, menuduh hakim Beijing 2022 bias mendukung China.

“Biarkan saja negara tuan rumah China mengambil semua medali,” kata sebuah artikel di surat kabar Seoul Sinmun, yang dimulai dengan mengulangi kalimat itu sebanyak 11 kali. SBS, penyiar utama Korea Selatan, menayangkan segmen berjudul, 10 Momen Kecurangan Terburuk oleh Tiongkok, yang menampilkan insiden masa lalu yang melibatkan atlet Tiongkok.

Kehebohan anti-China terjadi kurang dari sebulan sebelum pemilihan presiden yang diperebutkan dengan ketat. Kedua kandidat presiden utama telah mempertimbangkan, mengatakan bahwa skater Korea Selatan adalah pemenang yang sah dan bahwa tampilan hanbok adalah bukti terbaru bahwa China terlibat dalam perampasan budaya.

“Jangan mengingini budaya (orang lain),” memperingatkan kandidat partai yang berkuasa Lee Jae-myung di Facebook. Dalam posting Facebook-nya sendiri, Yoon Seok-youl, kandidat konservatif utama, menuduh Beijing melakukan upaya luas untuk “menaklukkan dan memasukkan sejarah Korea ke China.”

Insiden tersebut mencerminkan meningkatnya permusuhan terhadap apa yang dirasakan banyak orang Korea Selatan sebagai distorsi sejarah China untuk mengklaim budaya Korea Selatan, seperti hanbok. Beberapa tahun terakhir juga terlihat ledakan kemarahan nasionalis atas klaim media pemerintah China bahwa kimchi, hidangan kubis yang difermentasi di mana-mana di Korea, berasal dari China.

Mendasari ketegangan adalah kekhawatiran yang lebih luas tentang pertumbuhan kekuatan ekonomi dan militer China, dan sikapnya yang lebih agresif terhadap tetangganya, yang menurut para analis adalah upaya Beijing untuk menegaskan kembali posisinya sebagai kekuatan regional yang dominan.

Keadaan tidak selalu tegang seperti ini. Pada tahun 2015, hanya 37% orang Korea Selatan yang memiliki pandangan negatif tentang China, menurut data dari Pew Research Center. Pada tahun 2020, angka itu meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 75%. Jajak pendapat terbaru menunjukkan persepsi Korea Selatan tentang China sekarang kira-kira sama dengan pandangan tentang Jepang, mantan penguasa kolonial Korea.

Hubungan Korea Selatan-China terutama memburuk setelah 2017, ketika Seoul memasang sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense AS, yang dikenal sebagai THAAD, untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara. Beijing keberatan dengan pengerahan itu dan melancarkan kampanye pembalasan ekonomi yang menyakitkan.

Persepsi tentang China semakin memburuk di kalangan anak muda Korea Selatan, “yang lahir pada masa kebangkitan China dan merasakan pengaruhnya yang menyeluruh di mana-mana,” kata Go Min-hee, yang mengajar ilmu politik dan hubungan internasional di Universitas Ewha Womans Seoul.

Bagi banyak orang Korea Selatan, tampilan gaun hanbok China selama upacara pembukaan Olimpiade sangat sensitif — meskipun kontroversi itu mungkin tidak segera terlihat oleh pengamat luar.

Sementara itu, China mengatakan tampilan hanbok tidak dimaksudkan untuk menjadi pernyataan tentang asal-usul budayanya. Penampil berpakaian hanbok, pejabat China bersikeras, hanya dimaksudkan untuk mewakili etnis Korea - salah satu dari lusinan kelompok etnis minoritas China yang ditampilkan dalam pawai.

Beberapa orang Korea Selatan bersimpati dengan pandangan itu, mengatakan hanbok juga harus dimiliki oleh diaspora Korea, termasuk sekitar 2 juta etnis Korea yang tinggal di China. “Apa sebenarnya yang harus dikenakan oleh peserta Korea-Cina ini?” tanya editorial di surat kabar Hankyoreh yang berhaluan kiri.

Namun, orang Korea Selatan menjadi kesal sebagian karena upaya lama China untuk mengklaim kerajaan kuno Korea sebagai bagian dari sejarah nasionalnya sendiri. Wilayah kerajaan Korea, yang dikenal sebagai Goguryeo dan Balhae, tumpang tindih dengan apa yang sekarang menjadi bagian dari Tiongkok modern.

Dari sudut pandang orang Korea, mengklaim kerajaan-kerajaan Korea ini sebagai bagian kecil dari entitas sejarah Tiongkok yang lebih besar dan lebih penting adalah sangat ofensif, kata Darcie Draudt, rekan pascadoktoral di Institut Studi Korea George Washington.

“Masalah kedaulatan adalah intinya. Korea telah 'tidak aman perbatasan' sejak Jepang menjajahnya. Dan kemudian dibagi, dengan utara dan selatan terputus. Dan kemudian Anda harus mempertimbangkan semua orang Korea sekarang di Cina, Manchuria, Rusia, dan di tempat lain. Jadi, kemudian menjadi terikat dalam divisi nasional, dalam arti, ”tambahnya.

Kontroversi Olimpiade telah menjadi topik pembicaraan kampanye utama di Seoul, meningkatkan kemungkinan bahwa sentimen anti-China dapat dieksploitasi untuk keuntungan politik menjelang pemungutan suara 9 Maret.

Yoon, kandidat konservatif, telah berbicara lebih blak-blakan tentang China. Pada bulan Desember, ia menyatakan “kebanyakan orang Korea Selatan, terutama yang lebih muda, tidak menyukai China.” Dia juga menyerukan penempatan THAAD tambahan di Korea Selatan.

Lee, kandidat partai yang berkuasa, mengatakan Korea Selatan harus menjaga keseimbangan dalam hubungannya antara Amerika Serikat dan China. Tetapi Lee juga telah mengambil pendekatan yang lebih bermusuhan terhadap Beijing minggu ini, berjanji untuk “sangat menindak” kapal-kapal China yang menangkap ikan secara ilegal di lepas pantai Korea Selatan.

Masalah China sepertinya tidak akan menentukan dalam pemilihan Korea Selatan, kata pengamat, yang mencatat bahwa kedua kampanye tetap fokus pada masalah domestik.

“Namun, dalam jangka panjang, saya pikir memicu sentimen anti-China akan menjadi bumerang,” kata Go. “Kompleksitas hubungan Korea-China akan menjadi beban yang signifikan bagi pemerintahan yang akan datang.” (voa/dd)