nusakini.com - Internasional - An An, panda raksasa jantan tertua di dunia di penangkaran, meninggal pada hari Kamis (21/7) setelah masalah kesehatan pada usia 35.

Panda itu di-eutanasia (suntik mati) untuk mencegah penderitaan lebih lanjut, kata Ocean Park Hong Kong dalam sebuah pernyataan. "Kecerdasan dan keceriaannya" akan sangat dirindukan, kata ketua taman, Paulo Pong.

An An diberikan ke taman hiburan tersebut 23 tahun yang lalu oleh pemerintah pusat Cina, bersama dengan Jia Jia, seekor panda betina yang diyakini sebagai panda raksasa tertua di dunia sebelum kematiannya pada tahun 2016 pada usia 38 tahun.

Pasangan itu dilihat oleh jutaan turis dan anak sekolah selama bertahun-tahun, banyak dari mereka memposting kenangan mereka tentang An An secara online dalam foto dan video.

Rentang hidup rata-rata panda di alam liar adalah 14-20 tahun, tetapi mereka dapat hidup lebih lama di penangkaran, menurut ahli konservasi satwa liar World Wide Fund for Nature (WWF).

Pong mengatakan bahwa kelangsungan hidup An An di luar harapan hidup rata-rata menunjukkan komitmen berkelanjutan taman hiburan itu terhadap panda raksasa.

Taman hiburan ini masih menampung dua panda raksasa lainnya - Ying Ying betina dan Le Le jantan - yang diberikan oleh pemerintah China pada tahun 2007.

China telah menghabiskan setengah abad mencoba untuk meningkatkan populasi hewan ikoniknya, menciptakan cadangan panda yang luas di beberapa pegunungan dalam upaya menyelamatkan mereka dari kepunahan.

Panda raksasa terkenal sulit berkembang biak di penangkaran, tetapi setelah bertahun-tahun menurun, jumlah mereka di alam liar meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2017 Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) meningkatkan spesies dari "terancam punah" menjadi "rentan" setelah populasi mereka tumbuh hampir 17% selama dekade sebelumnya. Langkah itu dicerminkan oleh pemerintah China tahun lalu setelah populasi panda raksasa liar meningkat menjadi 1.800.

Di Cina, panda dianggap sebagai spesies payung, yang berarti para ahli percaya bahwa tindakan untuk melindungi mereka akan membantu melindungi spesies lain, serta ekosistem yang lebih besar. (cnn/dd)