Pasukan Militer China Diangkut ke Indonesia dengan Lion Air Hoaks

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Sebuah video yang beredar di Twitter dengan narasi bertuliskan mobil Brimob parkir di landasan samping pesawat Lion Air dan mengangkut pasukan militer China merupakan konten hoaks dan sangat menyesatkan. 

Hal ini disampaikan Mabes Polri yang menegaskan bahwa unggahan video di postingan akun TikTok @99bima_satria dengan tambahan narasi "ada apa Polisi kita dgn tentara china" dengan cuplikan puluhan Tentara yang tengah berada di suatu bandara adalah hoaks. 

Divisi Humas Polri memastikan video tersebut tidak benar. Polri mengatakan konten tersebut merupakan video pasukan Brimob Polri yang baru selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Satgas Damai Cartenz di Papua. 

Sementara itu, Corporate Communication Strategic PT Lion Air PT Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan narasi video di Twitter dan TikTok yang mengatakan Lion Air mengangkut tentara China di bandara tanah air tersebut sangat tidak benar alias hoaks 

Menurutnya, yang ada dalam video tersebut merupakan personel Brimob Polri yang menggunakan penerbangan Lion Air dua kali pada akhir tahun 2022. Sehingga, keterangan video jika Lion Air mengangkut pasukan militer China jelas hoaks dan diunggah untuk meresahkan masyarakat. [hd]