Pasukan Militer Sri Lanka Usir Pengunjuk Rasa di depan Kantor Presiden

By Nad

nusakini.com - Internasional - Polisi dan pasukan militer Sri Lanka secara paksa memindahkan pengunjuk rasa anti-pemerintah yang berkemah di luar kantor kepresidenan di Kolombo dalam serangan sebelum fajar pada hari Jumat (22/7) atas perintah Presiden baru negara itu.

Unggahan media sosial menunjukkan petugas yang mengenakan pakaian anti huru hara merobohkan tenda protes dan menangkap demonstran di luar kantor kepresidenan di Galle Face, dua hari setelah negara yang dilanda krisis itu menunjuk pemimpin baru.

Mantan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe secara resmi dilantik sebagai Presiden negara itu pada hari Rabu (20/7) dan mengeluarkan "Lembaran Luar Biasa" yang menyerukan angkatan bersenjata untuk menjaga ketertiban umum.

Juru Bicara Polisi SSP Nihal Thalduwa membenarkan sembilan pria ditangkap dan akan diadili pada hari Jumat.

Para pengunjuk rasa telah berkemah di luar kantor Presiden selama berbulan-bulan, menuntut pengunduran diri mantan Presiden Gotabaya Rajapaksa, yang meninggalkan negara itu pada dini hari 13 Juli, dan Wickremesinghe, sekutu penting Rajapaksa.

Kedua pria itu memimpin krisis ekonomi yang menyebabkan 22 juta orang di negara itu berjuang untuk membeli bahan bakar, makanan, dan kebutuhan dasar.

Pada hari Jumat, Wickremesinghe mengambil sumpah Dinesh Gunawardena, sekutu Rajapaksa lainnya, sebagai perdana menteri. Wickremesinghe dan Gunawardena adalah teman sekelas di Royal College yang elit di Kolombo.

Sebuah tim CNN di ibukota mengkonfirmasi bahwa situasi di jalan-jalan tenang setelah serangan pagi itu, tetapi kehadiran militer dan polisi yang kuat tetap ada di dalam dan di sekitar lokasi protes utama.

Semua jalan dan jalur menuju daerah itu telah ditutup dan dijaga oleh pasukan keamanan.

Angkatan bersenjata sekarang menjaga pintu masuk ke Sekretariat Presiden dan tampaknya memiliki kendali penuh atas gedung itu. Spanduk yang digantung di atas sekretariat juga sudah dicopot.

Beberapa pengamat telah menyuarakan keprihatinan tentang tingkat kekuatan yang digunakan dalam serangan itu.

Asosiasi Pengacara Sri Lanka juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka "dengan keras dan tanpa pamrih" mengutuk "penggunaan kekuatan dan kekerasan" oleh pihak berwenang "dalam menyerang pengunjuk rasa."

Komisi Hak Asasi Manusia Sri Lanka juga mengutuk serangan itu, menyebutnya sebagai "serangan brutal dan tercela terhadap pengunjuk rasa damai" dan "pelanggaran total terhadap hak-hak dasar rakyat."

Para diplomat AS dan Inggris juga menyatakan keprihatinan.

"Kami mendesak pihak berwenang menahan diri dan akses segera ke perawatan medis bagi mereka yang terluka," kata Duta Besar AS untuk Sri Lanka, Julie Chung di Twitter.

Komisaris Tinggi Inggris untuk Sri Lanka, Sarah Hulton dia "sangat prihatin" tentang laporan tindakan keras di lokasi protes. "Kami telah memperjelas pentingnya hak untuk melakukan protes damai," tambahnya. (cnn/dd)