Peduli Penyakit Thalassemia, Ganjarist Jakarta Selatan Gelar Donor Darah

By Nad


nusakini.com - Jakarta - Pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ganjarist menggelar donor darah di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan pada hari Sabtu (10/9) untuk membantu pasien pengidap penyakit Thalassemia, dan juga karena keterbatasan stok darah.

Mengutip dari HaloDoc, Thalassemia adalah kelainan darah yang menyebabkan tubuh kekurangan hemoglobin. Hemoglobin merupakan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini bersifat genetik atau diturunkan.

Kelainan ini belum ada obatnya dan tingkat rata-rata umur bertahan hidup adalah hingga 30 tahun. Lalu, dalam periode tersebut, penderita membutuhkan transfusi darah minimal 3 minggu sekali.

Ganjarist Jakarta Selatan melakukan donor darah pada hari Sabtu (10/9)

Ganjarist Jakarta Selatan kemudian tergerak untuk membantu dengan menyelenggarakan donor darah, dan mereka berencana untuk melakukan acara ini secaara berkelanjutan.

"Hari ini, Kornas (Koordinator Nasional) Ganjarist mengapresiasi Satuan Relawan (satrel) Ganjarist Jakarta Selatan yang melakukan kegiatan sosial yang mulia, yaitu donor darah untuk adik-adik penderita Thalassemia," kata Sekjen Kornas Ganjarist, Kris Tjantra.

Sekjen Kornas Ganjarist Kris Tjantra (kiri) juga turut hadir dalam acara donor darah.

Kris kemudian berharap kegiatan sosial ini bisa dilakukan tidak hanya sekali saja, tetapi akan menjadi contoh agar satuan relawan Ganjarist di wilayah lain akan mengikuti.

Ketua Satrel Ganjarist Jakarta Selatan, Ricky Gusnanto mengaku bahagia bisa membantu para penderita Thalassemia dalam kegiatan donor darah ini.

"Karena kita bisa membuat mereka tertawa dan bahagia, walaupun mungkin mereka sedih karena mengidap Thalassemia," ucapnya.

Ketua Satrel Ganjarist Jakarta Selatan, Ricky Gusnanto

Ganjarist Jakarta Selatan menginisiasikan gelaran donor darah ini juga untuk mengedukasi masyarakat mengenai penyakit Thalassemia. Selain itu, mereka berharap melalui kegiatan ini, Ganjarist bisa memperkenalkan diri sebagai relawan pendukung Ganjar Pranowo yang peduli dengan sesama.

"Semoga apa yang Ganjarist Jakarta Selatan lakukan bisa menjadi contoh untuk satrel lain, dan bisa melakukan kegiatan sosial di wilayah masing-masing," ujar Yuyun, Sekretaris Satrel Ganjarist Jakarta Selatan.

Sekretaris Satrel Ganjarist Jakarta Selatan, Yuyun bersama tiga anak bersaudara yang mengidap Thalassemia.

Ia juga berharap rasa kepedulian untuk sesama bisa tumbuh dan ajang silaturahmi tetap berlanjut, agar Ganjarist bisa terus memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk pemilu 2024.

Acara donor darah ini digelar di Rumah Sakit Fatmawati, dengan 81 orang mendaftar sebagai pendonor, namun ada 8 yang gagal mendonor karena angka tensi dan HB mereka tidak normal. Selain itu, ada 10 pasien Thalassemia yang hadir sebagai perwakilan. (nad)