Pengadilan India Bebaskan Uskup yang Dituduh Perkosa Biarawati

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pengadilan India telah membebaskan seorang uskup yang dituduh memperkosa seorang biarawati antara tahun 2014 dan 2016 dalam kasus yang mengejutkan salah satu komunitas Kristen tertua di negara itu.

Franco Mulakkal, 54, ditangkap dari negara bagian selatan Kerala pada 2018. Dia membantah tuduhan itu.

Kasus tersebut memicu protes luas setelah biarawati itu menuduh bahwa Gereja Katolik telah mengabaikan keluhannya.

Vatikan untuk sementara membebaskan uskup dari tugasnya.

Pada hari Jumat (14/1), pengadilan di kota Kottayam Kerala memutuskan dia tidak bersalah atas tuduhan tersebut.

"Jaksa gagal membuktikan semua dakwaan terhadap terdakwa," kata Hakim Sidang Tambahan (ASJ) Kottayam G Gopakumar.

Pengacara biarawati itu mengatakan mereka akan menantang putusan itu di pengadilan tinggi.

Tetapi tim hukum uskup mengatakan telah "menghancurkan seluruh bukti" yang memberatkannya.

"Ini adalah kasus yang menantang. Ini pasti akan dibawa ke pengadilan tinggi. Tidak apa-apa," kata Raman Pillai, yang memimpin tim pembela untuk Mulakkal.

"Tetapi pengadilan menyatakan dia tidak bersalah. Jelas, bukti yang diberikan oleh saksi penuntut dibuang. Artinya tuduhan itu palsu. Tidak ada pemerkosaan sama sekali,'' tambahnya.

Mulakkal adalah uskup dari sebuah keuskupan di Jalandhar di negara bagian Punjab di utara. Penuduhnya adalah anggota Misionaris Yesus, sebuah kongregasi di Kerala yang merupakan bagian dari keuskupan Jalandhar.

Dia menuduh bahwa uskup telah memperkosanya 13 kali dan penyerangan itu terjadi ketika dia mengunjungi biara tempat dia tinggal di kota Kottayam, di Kerala.

Dia telah mengajukan petisi ke Vatikan dan menulis surat terbuka kepada perwakilan Paus di ibu kota India Delhi pada 2018 - yang dia klaim sebagai surat keempatnya kepada mereka.

Hal ini menyebabkan protes yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh para biarawati dan aktivis yang keluar untuk mendukung wanita tersebut.

Beberapa biarawati lain yang memprotes uskup menuduh gereja di Kerala serta pejabat Vatikan menutup mata terhadap tuduhan pemerkosaan.

Banyak biarawati juga menuduh bahwa mereka menjadi korban karena berpartisipasi dalam protes, termasuk peringatan disiplin dan pemberitahuan transfer dan bahkan pengusiran dari kongregasi.

Penghakiman hari Jumat telah memicu kejutan dan kemarahan di antara mereka.

“Apa yang terjadi bertentangan dengan Kekristenan,” kata Suster Lucy Kalapura, yang berada di garis depan protes terhadap uskup. Pada 2019, ia dikeluarkan dari Franciscan Clarist Congregation (FCC) di Kerala.

FCC mengatakan bahwa Suster Lucy dikeluarkan dengan alasan bahwa "gaya hidupnya melanggar hukum yang semestinya" dari kongregasi. Tapi dia membantahnya dan menuduh dia benar-benar dipecat karena dia ikut serta dalam protes.

"Ini bukan melawan satu wanita, ini melawan banyak biarawati. Kami akan berjuang sampai akhir hidup kami. Keadilan tidak pernah mati," katanya pada hari Jumat. (bbc/dd)