PERCEPATAN PENERAPAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI

By Admin



nusakini.com - Makassar. Badan Ketahanan Pangan Daerah Sulawesi Selatan  bertekad  lebih meningkatkan pelaksanaan Kawasan  Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebagai salah satu kegiatan unggulan,
Sebagai upaya untuk mempercepat Diversifikasi Pangan dan Gizi melalui optimalisasi pemanfaatan ruang pekarangan untuk mendekatkan sumber-sumber pangan dan gizi sekaligus menjaga ketersediaan dan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga sesuai amanat UU No. 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Pemanfaatan pekarangan sebagai lahan berbudidaya tanaman  maupun pemeliharaan ternak dan ikan yang dapat membantu pendapatan keluarga atau minimal mengurangi pengeluaran keluarga sehari-hari.  Pekarangan juga dapat berfungsi sebagai apotik hidup jika dimanfaatkan dengan menanam tumbuh-tumbuhan yang dapat menjadi obat-obat herbal yang menjadi kecenderungan masyarakat saat ini.

Data sampai tahun2 016 menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan KRPL telah mencakup 1.460 Kelompok Wanita Tani (KWT),  termasuk 200 KWT yg menjadi target pelaksanaan dalam tahun 2016.

Pertemuan koordinasi ini diikuti oleh Dinas Ketahanan Pangan Kab/Kota, Dinas terkait, Kontak Tani Andalan  se Sulawesi Selatan yang dibuka oleh Ir Nasaruddin , MP Pelaksana Tugas Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan.(sul)