Perkuat Jejaring Riset, LIPI Kerja Sama dengan Belanda

By Admin


nusakini.com - Cibinong - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi tuan rumah pertemuan ilmiah bertajuk Wageningen University Research Centre (WUR) – Indonesian Network Scientific Exposure (WISE) 2018 Pertemuan ini membahas inisiasi kerja sama riset baru antara para peneliti Indonesia dengan Belanda. “Dengan jaringan riset yang berkembang sangat mungkin inovasi baru akan dikembangkan dan didirikan melalui kerjasama ini,” jelas Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Laksana Tri Handoko di Cibinong, Jawa Barat pada Kamis (5/7/2018). Menurut Handoko, kerja sama riset tidak hanya terbatas dengan perguruan tinggi saja namun juga dengan grup riset.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang juga Ketua Tim Pengarah WISE 2018, Enny Sudarmonowati mengatakan WISE merupakan wadah komunikasi dan jejaring antara alumni dan mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Wageningen University dengan para peneliti Wageningen University. “Wadah ini diharapkan dapat menginisiasi kerja sama riset baru dengan peneliti internasional, khususnya Belanda. Juga menciptakan platform bagi peneliti dan akademisi Indonesia yang pernah dan sedang belajar di Wageningen untuk berbagi hasil penelitian dan gagasan kepada komunitas ilmiah yang lebih luas,” jelas Enny.

Pertemuan WISE 2018 merupakan kegiatan kedua setelah diadakan di Wageningen, Belanda pada tahun 2017 lalu. Kegiatan ini dihadiri alumni-alumni WUR yang telah berprestasi secara nasional, antara lain Gusti M. Hatta yang pernah menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Guru Besar Univeritas Jenderal Soedirman, Loekas Soesanto, juga sekitar 150 peserta yang terdiri dari peneliti Indonesia dan Belanda.

Kegiatan WISE 2018 diisi dengan diskusi panel dengan tema utama terkait food, health and Ecological Resilience. Selain itu ada sesi keynote lecture dan presentasi terpilih oleh peneliti WUR, alumni dan mahasiswa Indonesia yang meliputi tema-tema seperti Agro Biotechnology, Nutrition dan Health; Environment and Climate; Social Science; Animal Science; Plant Science; dan Production Ecology and Resource Conservation.

Penyelenggaraan WISE 2018 terbilang spesial karena merupakan bagian dari kegiatan serial peringatan 100 tahun WUR yang merupakan salah satu universitas terbaik di Belanda terutama terkait pertanian dan aspek terkait lainnya. (p/ma)