Populasi Sapi Tertinggi, Papua Barat Siap Jadi Pemasok Ke Seluruh Wilayah Indonesia

By Admin


nusakini.com - Sorong - Gubernur Papua Barat Abraham Atururi mengungkapkan jumlah populasi sapi potong di wilayahnya mencapai 17,47 persen. Menurutnya peningkatan populasi sapi Papua Barat tertinggi di Indonesia.

Sesuai data Badan Pusat Statistik, populasi sapi pada tahun 2012 mencapai 29.000 ekor. Peningkatan terus terjadi hingga akhir 2015 yang mencapai 62.000 ekor. "Kami siap jadi pemasok sapi ke seluruh wilayah Indonesia," ujar Abraham. 

Hal senada dikatakan pelaksana tugas Kepala Dinas Peternakan Papua Barat Hendrikus Fatem. Menurutnya, Papua Barat memiliki padang gembala yang cukup luas di tiga lokasi. Yakni, Padang Gembala Bomberai Di wilayah Kabupaten Fakfak, Sorong dan Tambrauw. 

Dia menyebutkan tiga lokasi itu mampu menampung ratusan ribu ekor saping ternak. Seluruhnya, saat ini sudah terisi dan akan terus dikembangkan.

Menurut dia, tahun ini Papua Barat akan mendapat jatah bantuan 3.000 ekor sapi dari Kementerian peternakan. Diperkirakan pada Juni mendatang sapi indukan itu sudah dikirim ke daerah tersebut. 

"Sapi indukan jenis brahman cros awalnya akan didatangkan dari Australia, namun karena stok kurang sehingga kemungkinan akan didatangkan dari beberapa negara lain," katanya. 

3.000 ekor sapi itu akan dilepas di pada gembala Fakfak dan Sorong itu. 2.000 ekor untuk Fakfak, dan sisanya untuk Sorong.

Disisi lain, lanjutnya, Papua Barat memiliki padang penggembalaan terbesar di Indonesia. Luas lahan penggembalaan sapi yang dikembangkan Fakfak mencapai 3.300 hektare. (ab)