Salah Satu Pendiri Taliban Pakistan Tewas Dibunuh

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang pemimpin pendiri senior Taliban Pakistan tewas pada hari Minggu (7/8) malam dalam serangan yang ditargetkan, menurut dua sumber dalam kepemimpinan kelompok itu.

Taliban Pakistan, yang dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban (TTP), adalah organisasi teroris asing yang telah ditentukan oleh AS yang beroperasi di Afghanistan dan Pakistan.

Sumber TTP mengatakan bahwa komandan senior Abdul Wali -- juga dikenal sebagai Omar Khalid Khorasani -- tewas bersama dua pemimpin TTP lainnya dalam serangan IED yang ditargetkan. Kematiannya terjadi di provinsi Paktika Afghanistan, yang berbatasan dengan Pakistan.

Kementerian dalam negeri Pakistan telah dihubungi untuk mengonfirmasi kematian Wali, tetapi ia belum memberikan tanggapan.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, Wali adalah pemimpin faksi militan yang berafiliasi dengan TTP yang dikenal sebagai Jamaat ul-Ahrar (JuA).

Di bawah kepemimpinan Wali, JuA telah menjadi salah satu jaringan TTP yang paling aktif secara operasional di Provinsi Punjab, Pakistan, dan telah mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan di seluruh Pakistan, menurut Departemen Luar Negeri AS.

JuA mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan teroris paling mematikan di Pakistan, termasuk ledakan Minggu Paskah 2016, yang menewaskan setidaknya 74 orang dan melukai 362 lainnya di sebuah taman di kota Lahore.

Program "Hadiah untuk Keadilan" Departemen Luar Negeri menawarkan hadiah hingga $3 juta untuk informasi tentang Abdul Wali. Departemen Luar Negeri AS telah dihubungi untuk memberikan komentar.

Kematiannya terjadi saat TTP dan pendirian Pakistan bekerja menuju pembicaraan damai. (cnn/dd)