Sinergi Gojek Bersama Bank Sulselbar Melakukan Digitalisasi UMKM untuk Bangkit Bersama

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Pandemi COVID-19 telah berdampak pada pergeseran kebiasaan baru di masyarakat diantaranya adaptasi kebiasaan berjualan, berbelanja dan  pesan-antar makanan secara daring, melakukan transaksi sehari-hari secara non tunai hingga melakukan berbagai kewajiban pembayaran secara daring.  Semua kebiasaan baru tersebut dilakukan untuk mengurangi mobilitas di luar rumah serta meminimalisir kontak langsung guna menghindari transmisi virus Covid-19. 

Gojek, SuperApp terdepan di Asia Tenggara, konsisten sebagai garda terdepan membantu masyarakat untuk tetap produktif selama masa adaptasi kebiasaan baru dengan mengedepankan protokol kesehatan, kebersihan dan keamanan. Salah satu perwujudannya adalah kemitraan bersama Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat untuk membantu keberlangsungan pendapatan ribuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dengan memanfaatkan solusi teknologi dan non teknologi yang dihadirkan oleh Gojek.

Salah satu upaya yang dilakukan Gojek dan Bank Sulselbar adalah dengan membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi. Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga menengah. 

Inisiatif ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Gojek dan Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Direktur Operasional dan TI Bank Sulselbar - Irmayanti Sulthan menegaskan Kami mengapresiasi langkah Gojek, untuk berkolaborasi dengan Bank Sulselbar dalam rangka mendorong digitalisasi UMKM agar terlaksananya inklusi keuangan serta meningkatkan literasi keuangan di daerah. Setelah mendapat literasi digital dan pendampingan intensif, diharapkan kegiatan business matching juga dapat dilakukan. Ini adalah langkah awal untuk memberikan manfaat nyata di daerah melalui transformasi digital di berbagai lini. Kami berharap sinergi yang baik seperti ini dapat diikuti oleh daerah-daerah lain untuk mempercepat pemulihan ekonomi, "

Untuk tahap pertama Gojek akan memberikan pelatihan cara memasarkan produk makanan melalui layanan GoFood, yang dapat memfasilitasi UMKM Indonesia untuk berjualan makanan secara online dengan mudah. 

District Head Gojek Makassar - Adwin Pratama Anas  mengatakan “Sebagai super app karya anak bangsa, Gojek juga mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadi Provinsi yang cerdas atau Smart Province melalui pembekalan serta pelatihan digital ekonomi kepada para UMKM.  Saat ini adalah masa-masa sulit bagi jutaan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Sejak awal berdiri, mendorong pertumbuhan UMKM adalah DNA Gojek, dan di periode penuh tantangan ini kami terus berupaya mengembangkan solusi yang lengkap, inklusif, dan mudah diterapkan yang membantu UMKM mempertahankan bisnis sekaligus mengembangkan skala usahanya,” 

"Kami mengapresiasi langkah Gojek, untuk berkolaborasi dengan Bank Sulselbar dalam rangka mendorong digitalisasi UMKM agar terlaksananya inklusi keuangan serta meningkatkan literasi keuangan di daerah. Setelah mendapat literasi digital dan pendampingan intensif, diharapkan kegiatan business matching juga dapat dilakukan. Ini adalah langkah awal untuk memberikan manfaat nyata di daerah melalui transformasi digital di berbagai lini. Kami berharap sinergi yang baik seperti ini dapat diikuti oleh daerah-daerah lain untuk mempercepat pemulihan ekonomi".

Ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19 di Kota Makassar ternyata mampu didukung oleh keberadaan ekosistem ekonomi digital yang dimiliki Gojek. Solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu pelaku UMKM beradaptasi sehingga bisa bangkit di situasi pandemi COVID-19, dan tetap optimis bertumbuh ke depannya. Salah satunya melalui kemudahan migrasi UMKM dari offline ke online, atau mempercepat UMKM untuk “go digital."(rilis)