Stafsus Wapres Sukriansyah Latief Temui Plt Gubernur Sulsel, Bahas Infrastruktur

By Admin


nusakini.com, Makassar – Staf Khusus Wapres RI Ma’ruf Amin, Sukriansyah S Latief menemui Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman.

Pertemuan yang berlangsung di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel itu dihadiri oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), Adenan Rasyid, Senin (21/6/2021).

Sukriansyah mengatakan, bahwa kunjungannya ini melihat sekaligus memantau progres proyek strategis nasional (PSN).

“Kami ingin melihat langsung progres PSN di Sulsel, yakni Bendungan Pamukkulu. Nantinya kami juga akan ke Takalar untuk melihat langsung progresnya,” ungkapnya.

Ia pun telah melaporkan tujuan kunjungannya ini dan disambut baik oleh Plt Gubernur Sulsel. Pria yang akrab disapa Uq ini pun mengakui, upaya Pemprov Sulsel dalam hal ini Plt Gubernur yang membantu upaya mempercepat progres PSN di Sulsel. Dimana atas dorongan Andi Sudirman, proyek PSN ini yang sempat terhenti perlahan mulai progres pembangunan.

“Kita berharap Pemerintah Daerah untuk terus melakukan sosialisasi, karena Bendungan ini untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya

Bendungan Pamukkulu ini merupakan salah satu program stategis nasional (PSN) Kementerian PUPR. Proyek ini sempat terhenti hampir 2 tahun (600 hari) karena masalah lahan, namun akhir tahun 2019 kembali efektif dikerjakan. Hal itu tak lain atas dorongan dan komitmen kuat dari Andi Sudirman Sulaiman sejak menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel.

Bahkan saat menjabat sebagai Wagub, Andi Sudirman pun tak segan mengadakan rapat dengan beberapa unsur pemerintah hingga tingkat bawah. Bahkan dirinya pun sempat melihat langsung progres pembangunan Bendungan di Kabupaten Takalar itu.

“Kita terus mendorong dan mengawal pembangunan bendungan Pamukkulu ini karena akan mengairi sawah dengan kapasitas 6000 hektar, hydropower, air bersih serta pengendali potensi banjir. Bendungan adalah investasi dari Pemerintah yang dinikmati langsung oleh masyarakat sendiri,” jelasnya.

Andi Sudirman pun menyampaikan beberapa usulan, diantaranya mengenai pembangunan jalan Outer Ring Road atau Jalan Tol di Atas Laut; serta Makassar New Port (MNP). Ia pun berharap Pemerintah Pusat terus mendorong pembangunan di Sulawesi Selatan.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), Adenan Rasyid mengatakan, bahwa pembangunan Bendungan Pamukkulu saat ini tengah berproses. Hal itu berkat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Dari 1.300 hektat lahan, sudah dibebaskan sekitar 600-an hektar. Insya Allah, kita targetkan selesai (pembebasan lahan) tahun 2021 ini,” ungkapnya. (pr/el)