Tesla Dikritik karena Buka Showroom di Xinjiang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pembuat mobil listrik Tesla telah dikritik di AS setelah membuka showroom di wilayah Xinjiang yang kontroversial di China.

Perusahaan yang dipimpin oleh miliarder Elon Musk ini membuka showroom di kota Urumqi pada malam tahun baru.

Namun, langkah itu disambut baik oleh beberapa orang di China.

China telah dituduh melakukan perbudakan dan genosida terhadap kelompok minoritas Uyghur di wilayah barat yang kaya sumber daya negara itu.

Senator Republik Marco Rubio, yang mensponsori RUU yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Joe Biden pada bulan Desember yang mengharuskan perusahaan untuk membuktikan bahwa barang yang diimpor dari Xinjiang tidak diproduksi dengan kerja paksa, berbicara tentang keputusan Tesla.

Rubio menuliskan di Twitter-nya: "Perusahaan tanpa kebangsaan membantu Partai Komunis China menutupi genosida dan kerja paksa di wilayah tersebut."

Scott Paul, presiden badan industri Alliance of American Manufacturing, mengatakan: "Saya akan terus terang: Setiap perusahaan yang melakukan bisnis di Xinjiang terlibat dalam genosida budaya yang terjadi di sana. Tetapi tindakan Tesla sangat tercela."

Namun, pembukaan showroom baru Tesla disambut dengan baik oleh pengguna platform media sosial Weibo di China.

Seorang pengguna berkomentar: "Terima kasih telah berkembang di Xinjiang, selamat tahun baru!". Yang lain berkata: "Anda tahu, Tesla mendukung pengembangan dan pembangunan Xinjiang, tidak seperti beberapa perusahaan."

Akhir tahun lalu, perusahaan raksasa microchip AS, Intel meminta maaf setelah mendapat reaksi keras dari warga China atas surat yang dikirimnya yang mendesak pemasok untuk tidak mencari produk atau tenaga kerja dari Xinjiang.

Surat perusahaan itu memicu kritik di China, dengan seruan untuk memboikot.

Intel bukanlah perusahaan pertama yang mendapat tekanan karena bertujuan untuk mematuhi sanksi terkait Xinjiang sambil terus beroperasi di China.

Raksasa ritel Nike dan H&M juga menghadapi serangan dari warga China tahun lalu setelah mereka menyatakan keprihatinan tentang dugaan penggunaan tenaga kerja paksa Uyghur dalam produksi kapas.

Wilayah Xinjiang di China adalah rumah bagi banyak populasi Muslim Uyghur di negara itu dan ada tuduhan kerja paksa dan kemungkinan genosida.