Verifikasi Lapangan APE , Fatmawati Rusdi Paparkan Program Makassar Recover

By Abdi Satria


nusakini. com-makassar- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia bersama pemerintah Kota Makassar menggelar acara verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 secara virtual di Hotel Aston Makassar. Kamis, 24/3/2021.

Verifikasi lapangan APE yang dilaksanakan bersama KPPPA RI bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi masing SKPD sesuai ketentuan yang dikeluarkan oleh tim APE.

Sasaran yang ingin dicapai, oleh tim KPPPA untuk memperoleh data lengkap, komprehensif, dan objektif sebagai bahan penyusunan Indeks persamaan gender dan pertimbangan dalam menominasikan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, kota Makassar patut berbangga karena pencapaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) mengalami kemajuan setiap tahunnya, berdasarkan ukuran tiga aspek yaitu indeks pendapatan perempuan, jabatan profesional serta perwakilan perempuan pada parlemen.

"Indeks ini merupakan instrument dalam mengukur kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek, khususnya peran perempuan. Dimana kota Makassar berhasil mewujudkan pencapaian IPG 94.48 di atas rata-rata IPG nasional 91,07 dan rata-rata IPG Provinsi Sulawesi Selatan 93,09," ucap Fatmawati.

Menurut Fatmawati program Makassar Recover yang didalamnya mencakup penguatan imunitas, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi sejalan dengan visi misi pemerintah kota untuk memberikan rasa nyaman terhadap kaum perempuan beserta keluarganya.

"Penguatan imunitas, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi melalui program Makassar Recover tentunya akan memberikan rasa nyaman terhadap kaum perempuan dan keluarganya beraktifitas," ujarnya. 

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Makassar, Tenri Palalo menuturkan verifikasi APE ini merupakan penghargaaan dua tahunan yang diselenggarakan KPPPA RI.

"Tahun ini kita berusaha naik tingkat, kita sudah siap dan kita sudah bekerja keras untuk mendapatkan mentor, apapun hasilnya itu tergantung verifikasi kita pada hari ini," ujarnya.

Tenri mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak walikota Danny Pomanto serta wakil walikota Fatmawati Rusdi, Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail, Ketua Dharma wanita Kota Makassar Andi Batari Toja serta seluruh Pokja.

"Terima kasih atas dukungan semuanya, utamanya kepala Bappeda A. Hadija Iriani memberi dukungan kepada kami dalam hal bagaimana peningkatan anggaran pemberdayaan perempuan, bagaimana peningkatan anggaran yang responsif gender," terangnya.(yat)