Xi Jinping Bersumpah akan Sukseskan Olimpiade Beijing Walaupun Ada Boikot Diplomatik

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden China Xi Jinping berjanji pada hari Jumat (31/12) untuk menyukseskan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, sementara Amerika Serikat dan negara-negara demokratis lainnya telah mengumumkan mereka akan menerapkan "boikot diplomatik" dari acara olahraga global tersebut.

"Kami tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk menghadirkan permainan yang hebat kepada dunia. Dunia mengalihkan pandangannya ke China, dan China siap" untuk Olimpiade yang dijadwalkan pada Februari 2022, kata Xi dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada Malam Tahun Baru.

Pernyataan Xi menunjukkan China percaya diri menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, meskipun Amerika Serikat telah berjanji untuk tidak mengirim pejabat pemerintah ke Olimpiade Beijing. Negara-negara lain, seperti Australia, Inggris dan Kanada, telah mengikutinya.

Pemerintah yang dipimpin Komunis China di bawah Xi sangat ingin menggunakan Olimpiade sebagai cara untuk meningkatkan prestise nasional, karena ia telah berusaha membuka jalan untuk masa jabatan ketiga yang kontroversial sebagai pemimpin negara itu, kata pakar urusan luar negeri.

Mengenai Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, Xi mengatakan, "Penyatuan kembali tanah air kita adalah aspirasi yang dimiliki oleh orang-orang di kedua sisi Selat Taiwan."

Cina dan Taiwan yang demokratis telah diperintah secara terpisah sejak mereka berpisah pada tahun 1949 sebagai akibat dari perang saudara. Beijing telah menganggap pulau itu sebagai provinsi pemberontak yang harus dipersatukan kembali dengan daratan, dengan paksa jika perlu.