Xi Jinping Dikabarkan akan Bertemu Langsung dengan Joe Biden

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pejabat China sedang membuat rencana untuk pertemuan tatap muka pertama Presiden Xi Jinping dengan mitranya dari AS Joe Biden di sela-sela pertemuan yang akan diadakan di Asia Tenggara pada November, The Wall Street Journal melaporkan Jumat (12/8), mengutip orang-orang yang mengetahui persiapan tersebut.

Laporan itu muncul ketika ketegangan antara kedua negara meningkat di Taiwan menyusul kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri awal bulan ini. Itu adalah kunjungan pertama seorang ketua DPR dalam 25 tahun karena Pelosi bertujuan untuk menunjukkan dukungan kepada Taiwan, yang dipandang Beijing sebagai miliknya.

Koordinator Gedung Putih untuk Indo-Pasifik Kurt Campbell mengatakan kepada wartawan pada hari yang sama bahwa Biden dan Xi telah membahas kemungkinan pertemuan langsung selama panggilan telepon baru-baru ini, tetapi menambahkan, "Kami tidak memiliki informasi lebih lanjut mengenai rincian waktu atau lokasi."

Dia juga menunjukkan bahwa situasi Taiwan akan tetap menjadi sumber kekhawatiran bagi Amerika Serikat, memperingatkan bahwa China menggunakan kunjungan Pelosi sebagai dalih untuk "meluncurkan kampanye tekanan intensif terhadap Taiwan" yang diperkirakan akan "terus terungkap dalam beberapa minggu mendatang. dan bulan."

"Tujuan kampanye ini jelas - untuk mengintimidasi dan memaksa Taiwan dan merusak ketahanannya," kata pejabat itu.

Melihat kunjungan Pelosi sebagai tindakan yang merusak kedaulatannya, China sangat marah atas langkah tersebut, menanggapi dengan mengadakan latihan militer skala besar di daerah-daerah yang mengelilingi Taiwan dan memutuskan beberapa perdagangan dengan pulau itu. Itu juga menghentikan pembicaraan dengan Washington tentang perubahan iklim dan menangguhkan komunikasi dengan komandan militer AS.

Campbell menambahkan bahwa Amerika Serikat bermaksud untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan China, dan mendesak Beijing untuk berperilaku sebagai "kekuatan yang bertanggung jawab" dengan membuka kembali saluran yang telah ditutupnya.

Jika Xi melakukan perjalanan ke Asia Tenggara pada November, itu akan menjadi perjalanan internasional pertamanya dalam hampir tiga tahun di tengah pandemi virus corona. Perjalanan itu diperkirakan akan dilakukan setelah kongres Partai Komunis dua kali dalam satu dekade mengantisipasi kejatuhan, ketika Xi ingin mengamankan masa jabatan ketiga yang tidak biasa sebagai pemimpin.

Dia kemungkinan akan menghadiri pertemuan puncak dua hari para pemimpin dari Kelompok 20 ekonomi di pulau Bali Indonesia mulai 15 November, dan kemudian melakukan perjalanan ke Bangkok untuk menghadiri pertemuan puncak forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik dua hari kemudian, kata surat kabar itu. .

Sementara persiapan masih pada tahap awal dan dapat diubah, pertemuan antara Xi dan Biden dimungkinkan di sela-sela salah satu dari dua KTT, kata laporan itu.

Bulan lalu, kedua pemimpin itu melakukan panggilan kelima sejak Biden menjabat pada Januari tahun lalu.

Sambil memperingatkan satu sama lain tentang apa yang mereka pandang sebagai tindakan destabilisasi mengenai Taiwan, mereka juga membahas nilai pertemuan tatap muka dan setuju agar tim mereka menindaklanjuti untuk menemukan "waktu yang disepakati bersama untuk melakukannya," kata seorang pejabat senior pemerintah AS. pada saat itu.

Sejak itu, ketegangan atas Taiwan semakin meningkat ketika Pelosi melanjutkan perjalanannya ke pulau itu, yang telah ditunda awal tahun ini setelah dia dinyatakan positif COVID-19.

Campbell mengatakan pada hari Jumat bahwa Beijing telah "mereaksi berlebihan" terhadap perjalanan itu, mengutip peluncuran rudalnya ke perairan sekitar Taiwan, pesawat militer dan kapalnya melintasi garis tengah antara China dan Taiwan, dan sekitar pulau dengan lebih dari selusin kapal perang.

"Bahkan hari ini, beberapa kapal perang tetap berada di sekitar Taiwan," katanya.

Amerika Serikat akan terus mengambil "langkah tenang dan tegas" untuk menegakkan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu dalam menghadapi upaya berkelanjutan Beijing untuk melemahkannya, dan mendukung Taiwan sejalan dengan kebijakan lama AS, kata pejabat itu.

Ketika Amerika Serikat terus memperdalam hubungan dengan Taiwan, kedua ekonomi sedang mengembangkan "peta jalan ambisius untuk negosiasi perdagangan" yang diharapkan akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang, kata Campbell. (kyodo/dd)