Di Solo, Ibu Negara Iriana Buka Pekan Imunisasi Nasional

By Admin


Nusakini.comSOLO - Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Taman Cerdas, Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/3/2016). Pencanangan ini sekaligus mengawali pemverian imunisasi secara serentak di seluruh Indonesia dari 8 hingga 15 Maret 2016 nanti.

Pencanangan PIN Polio ini dihadiri beberapa tokoh. Mereka di antaranya Menteri Kesehatan Nilla Djuwita F. Moeloek, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Ketua penggerak PKK Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo.

Kendati dilakukan secara serentak, ada dua wilayah di Indonesia yang tidak mengikuti PIN Polio hari ini, yakni, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali. Menko Puan Maharani mengungkapkan, Bali berhalangan mencanangkan PIN Polio pada 8 Maret 2016 lantaran bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

“Bali tetap akan melakukan, hanya waktunya mundur dari tanggal 8 Maret 2016 menjadi 13 hingga 22 Maret 2016,” ungkap Puan. Sementara, Yogyakarta telah melakukan kegiatan ini lebih dahulu.

Menkes Nilla Moeloek memaparkan, Indonesia telah mendapat Sertifikat Bebas Polio bersama negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Asia Tenggara atau South East Asia Region (SEARO) pada Maret 2014. “Namun masih ada dua Negara yang masih endemis polio, yakni, Afganistan serta Pakistan,” terang Nilla.

Nila menambahkan tahun ini secara nasional ada 23.721.004 balita usia 0 hingga 59 bulan yang ditargetkan mendapatkan vaksin polio. Vaksin yang digunakan adalah vaksin tetes (trivalent oral polio vaccine) produksi PT Biofarma. (mk)