Ketua Umum Ganjarist, Eko Kuntadhi duduk di atas Kepala Reog Ponorogo. Dok: Ganjarist

nusakini.com – Surakarta – Kelompok pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang dikenal sebagai Ganjarist, kembali menggelar acara untuk menunjukkan solidaritas mereka. Acara yang bertajuk Pesta Rakyat tersebut diselenggarakan di Surakarta, Jawa Tengah, pada Minggu, 21 Agustus 2022.

Menurut Ketua Panitia Yasir Jemoko, acara ini merupakan salah satu misi untuk mewujudkan visi Ganjarist untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden dalam pemilihan tahun 2024 nanti. Ia menyatakan melalui acara ini, bisa dibuktikan bahwa semua lapisan masyarakat mendukung Ganjar untuk menjadi Presiden.


Pesta Rakyat Jawa Tengah. Dok: Ganjarist

“Pesta Rakyat Jawa Tengah merupakan ajang silaturahmi antar relawan yang sekaligus gelar budaya, bukti kecintaan kami terhadap nilai luhur budaya Indonesia, dan mendukung perkembangan ekonomi melalui UMKM,” katanya dalam keterangan tertulis.

Pesta Rakyat Ganjarist yang diadakan di gedung Graha Buana Surakarta tersebut dimeriahkan dengan parade budaya, seperti penampilan Tari Gedruk dari Satuan Relasi (Satrel) asal Klaten, Tari Topeng dari Satrel Boyolali, dan musik campursari dari Satrel GSM saat acara dibuka. Lalu menjelang akhir acara, dipentaskan juga Opera Gasag, lalu penampilan lagu-lagu daerah dengan musik kulintang.


Gelaran budaya di Pesta Rakyat Ganjarist Jateng, Minggu (21/8). Dok: Ganjarist
Menurut Ketua Umum Ganjarist Eko Kuntadhi, pementasan budaya ini untuk menunjukkan keharmonisan dalam keberagaman di Indonesia. “Tidak ada perbedaan suku dan agama. Indonesia merupakan keberagaman suku bangsa, budaya, dan Bahasa,” ucapnya.

Masih dalam euphoria HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pesta Rakyat ini juga memutarkan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, dan lagu-lagu kemerdekaan lainnya.

Pesta Rakyat Jawa Tengah oleh Ganjarist ini juga mengundang para pengusaha UMKM untuk hadir dan menjual dagangan mereka. Hal ini sesuai dengan pernyataan Yasir Jemoko, bahwa Ganjarist mendukung perkembangan ekonomi melalui UMKM.


Stand UMKM di Pesta Rakyat Ganjarist Jateng. Dok: Ganjarist

Pesta Rakyat ini juga turut dihadiri oleh komunitas ojek online (ojol) Grab Solo. Mereka datang untuk mendeklarasikan dukungan mereka kepada Ganjar Pranowo. Para ojol kemudian melakukan aksi simbolis dengan melepaskan jaket mereka untuk mengenakan kaos Ganjarist.

Eko Kuntadhi menyatakan Ganjarist sangat mengharapkan sosok kepemimpinan yang bisa melanjutkan Presiden Jokowi. Sosok Ganjar Pranowo dinilai mampu melakukannya.

“Beliau merupakan orang yang akrab dengan masyarakat dari kalangan pertanian, pedesaan, dan perkotaan. Ganjarist sangat optimis sosok yang kami perjuangkan untuk melanjutkan kepemimpinan adalah Ganjar Pranowo,” ungkap Eko dalam orasi politik di Pesta Rakyat Jateng.


Eko Kuntadhi berorasi politik di Gedung Graha Buana, Surakarta. Dok: Ganjarist

Selain itu, melalui Pesta Rakyat ini, Ganjarist juga meluncurkan Ganjarist Digital Academy (GDA), yaitu sebuah pelatihan yang bertujuan untuk memperkuat keterampilan, membuat peluang usaha dan peningkatan karir, serta mempromosikan layanan atau produk sendiri melalui media sosial.

Sebagai langkah awal, kegiatan GDA saat ini akan difokuskan untuk pulau Jawa, khususnya Jabodetabek. Namun tidak menutup kemungkinan akan diperluas ke seluruh Indonesia.

Pesta Rakyat Jawa Tengah Ganjarist berlangsung meriah dan disambut hangat oleh masyarakat yang turut hadir dan berpartisipasi. Antusiasme mereka menunjukkan bahwa pengikut dan pendukung Ganjar Pranowo semakin meningkat, hingga ia pantas menjadi salah satu sosok yang akan bersaing dalam Pemilihan Presiden tahun 2024 nanti. (ND)


Antusiasme anggota Ganjarist memeriahkan acara Pesta Rakyat Jawa Tengah. Dok: Ganjarist