Mendagri: Calon Tunggal di Pilbup Pati Masih Unggul

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meralat ‘statemen’-nya terkait kemenangan kotak kosong di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil hitung sementara, pasangan calon tunggal Haryanto-Saiful Arifin Harfin yang unggul. 

“Pilkada Serentak di Kabupaten Pati, hitungan terakhir sementara dan meski masih menunggu keputusan penghitungan KPU, ternyata pasangan calon tunggal yang menang,” kata Tjahjo dalam pesan singkatnya, Kamis (16/2). 

Pernyataan tersebut, kata dia mengklarifikasi pemberitaan sebelumnya, dimana Mendagri Tjahjo mengungkapkan, peristiwa kemenangan ‘kotak kosong’ terjadi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati, Jawa Tengah pada pemungutan suara Pilkada Serentak 2017, Rabu (15/2) kemarin. 

Menurut dia, kotak kosong di Pati bisa mencapai 25,30 persen. Namun, jumlah suara untuk pasangan calon adalah 74,70 persen. Memang saling klaim kemenangan antara pasangan calon tunggal dan kotak kosong memang sempat menjadi polemik di Pati. 

“Saya tegaskan tadi perhitungan sementara, walau belum ada keputusan KPU menunjukkan pasangan calon tunggal menang mutlak dari kotak kosong,” tambah Tjahjo. 

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Pati hanya diikuti satu pasang calon, yakni Haryanto-Saiful Arifin. Pasangan ini diusung delapan gambar partai politik yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, PKS, Hanura dan PPP. (p/ab)