Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Relawan Ganjarist Ziarah ke Makam Bung Hatta

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Jakarta--Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Satuan Relawan (Satrel) Ganjarist Jakarta Selatan melakukan ziarah ke makam salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia, Mohammad Hatta atau Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (2/10/2022) pagi.

Selain diikuti oleh pengurus dan anggota, giat ziarah ke makam Wakil Presiden Indonesia pertama tersebut juga dihadiri oleh putri ke-3 Bung Hatta, Halida Nuriah Hatta.

Dalam kesempatan itu, Halida mewakili keluarga besar Bung Hatta menyampaikan terima kasih kepada Satrel Ganjarist atas penghormatannya terhadap para pahlawan yang salah satunya diwujudkan dengan mendoakan dan berziarah.

"Saya mengucapkan senang dan terima kasih bahwa teman-teman semua sebagai relawan mengadakan aktivitasnya mulai dengan ziarah ke makam salah satu tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia yaitu Bung Hatta," ujar Halida.

Halida juga sedikit menjelaskan riwayat pendidikan dan sepak terjang Bung Hatta semasa muda yang dapat dijadikan teladan oleh generasi sekarang.

Sementara itu, koordinator kegiatan menyebutkan bahwa tujuan diadakan ziarah tersebut adalah untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila sebagai pengingat bahwa sebagai relawan harus selalu mengingat sejarah para pahlawan. 

Selain itu, giat tersebut juga untuk memperkenalkan Ganjarist di wilayah, khususnya di wilayah Jakarta Selatan.(rilis)