Zelenskyy Minta Bantuan China untuk Selesaikan Perang Rusia dan Ukraina

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah meminta pembicaraan langsung dengan Xi Jinping dari China saat ia mendesak Beijing untuk menggunakan pengaruh politik dan ekonominya di Rusia untuk membantu mengakhiri perang di negaranya.

Zelenskyy mengatakan kepada South China Morning Post (SCMP) dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Kamis (4/8) bahwa dia telah meminta untuk berbicara dengan presiden China sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada bulan Februari, tetapi itu belum terjadi.

“Saya ingin berbicara langsung. Saya melakukan satu percakapan dengan [Presiden] Xi Jinping itu setahun yang lalu,” katanya kepada surat kabar yang berbasis di Hong Kong melalui Zoom.

“Sejak awal agresi skala besar pada 24 Februari, kami telah meminta secara resmi untuk melakukan percakapan, tetapi kami [belum] melakukan percakapan apa pun dengan China meskipun saya yakin itu akan membantu.”

China, sekutu paling penting Rusia, belum mengutuk apa yang oleh Presiden Rusia Vladimir Putin disebut sebagai “operasi militer khusus” di Ukraina, yang katanya bertujuan untuk “denazifikasi” dan demiliterisasi negara tersebut. Konflik enam bulan ini telah menewaskan sedikitnya 5.327 warga sipil di Ukraina dan memaksa sekitar 12 juta orang meninggalkan rumah mereka. Pertempuran juga telah mencegah biji-bijian meninggalkan negara itu, yang dikenal sebagai “keranjang roti dunia”, memperburuk kekurangan pangan dan mendorong kenaikan harga di seluruh dunia.

Zelenskyy dan sekutu Baratnya menyebut invasi Rusia sebagai perang agresi, tetapi Beijing mengatakan Moskow terprovokasi untuk menyerang, termasuk karena ekspansi NATO di Eropa.

Xi sebelumnya telah menyatakan keprihatinan atas konflik di Ukraina selama pertemuan puncak pada bulan Juni, dengan mengatakan bahwa itu “membunyikan alarm bagi umat manusia”. Namun, dia tidak memberikan indikasi bagaimana mengakhiri pertempuran.

Awal bulan ini, dia juga berbicara dengan Putin, seorang pemimpin yang sebelumnya dia sebut sebagai sahabatnya, dan menegaskan kembali dukungan China untuk “kedaulatan dan keamanan” Rusia. Xi mengatakan “semua pihak harus mendorong penyelesaian krisis Ukraina dengan cara yang bertanggung jawab”, menurut media pemerintah, dan bahwa China akan “terus memainkan perannya” untuk tujuan ini.

Zelenskyy mengatakan kepada SCMP bahwa dia memahami bahwa China ingin mempertahankan sikap "seimbang" terhadap perang, tetapi menekankan bahwa konflik dimulai dengan apa yang dia sebut invasi tanpa alasan Rusia ke wilayah kedaulatan Ukraina.

“Rusia adalah penjajah … ini adalah perang di wilayah kami, mereka datang untuk menyerang. China, sebagai negara besar dan kuat, bisa turun dan menempatkan federasi Rusia [di] tempat tertentu,” kata Zelenskyy. “Tentu saja, saya sangat ingin China meninjau kembali sikapnya terhadap Federasi Rusia.”

Dia juga mendesak China untuk bertindak di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, di mana itu adalah salah satu dari lima anggota yang memiliki hak veto, untuk mempertahankan norma-norma internasional.

“Jika kita beroperasi tanpa undang-undang, lalu mengapa kita harus memiliki Dewan Keamanan, jika ada negara … atau beberapa negara di dunia, dapat memutuskan untuk melanggar aturan secara militer?” Dia bertanya.

China sejauh ini abstain dari pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB dan di Majelis Umum yang mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. Ia malah menyerukan dialog antara pihak-pihak yang bertikai, sementara juga mengutuk bantuan militer Barat ke Ukraina dan sanksi terhadap Rusia sebagai merugikan resolusi konflik.

Terlepas dari dukungan nyata dari Rusia, China belum menawarkan bantuan militer terbuka ke Moskow, menurut para pejabat di Amerika Serikat.

Zelenskyy mengatakan kepada SCMP bahwa dia yakin China memiliki kekuatan ekonomi untuk menekan Putin agar mengakhiri perang. China adalah mitra dagang terbesar Rusia dan telah meningkatkan impor minyak mentah Rusia sejak perang dimulai, membantu mengimbangi kerugian Moskow dari pembatasan negara-negara Barat atas pembelian energi dari Rusia.

“Saya yakin, saya yakin tanpa pasar China untuk Federasi Rusia, Rusia akan merasakan isolasi ekonomi sepenuhnya,” kata Zelenskyy. “Itu adalah sesuatu yang dapat dilakukan China – untuk membatasi perdagangan [dengan Rusia] sampai perang berakhir.” (aljazeera/dd)