Anggota Parlemen Selandia Baru Diperingatkan untuk Tidak Gunakan TikTok karena China bisa Akses Data

By Nad

nusakini.com - Internasional - Anggota parlemen Selandia Baru telah diperingatkan untuk tidak menggunakan TikTok, dengan kekhawatiran data dapat diakses oleh pemerintah China.

Pekan lalu, Ketua DPR Trevor Mallard mengirimkan peringatan kepada semua pihak bahwa anggota parlemen tidak boleh menggunakan aplikasi di ponsel dan perangkat parlemen mereka.

Melakukan hal itu “dapat menimbulkan risiko keamanan di mana data pada perangkat Anda dapat diakses oleh ByteDance (pemilik TikTok) dan pemerintah China,” kata email tersebut.

Sementara pesan dari layanan parlemen mengatakan "sangat merekomendasikan" untuk menghapus aplikasi sepenuhnya, jika anggota parlemen memilih untuk memilikinya, mereka harus memeriksa pengaturan untuk "memastikan Anda merasa nyaman dengan izin yang telah Anda berikan" dan "menghapus kemampuannya untuk mengakses lokasi Anda”.

Pihaknya merekomendasikan artikel BuzzFeed dari Juni, yang melaporkan bahwa data pengguna AS non-publik sedang diakses di luar negeri.

The Guardian telah melihat memo tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Stuff.

Sejauh ini, hanya beberapa politisi Selandia Baru yang memiliki kehadiran akun TikTok resmi, meskipun aplikasi tersebut menjadi semakin populer di kalangan mereka yang mencalonkan diri di Australia.

Partai Māori dan pemimpinnya, Debbie Ngarewa-Packer, telah mengumpulkan pengikut untuk memposting tren TikTok bertema politik – seperti tarian terkoordinasi dengan judul “Dalam perjalanan untuk berdebat dengan beberapa supremasi kulit putih”.

Partai Act libertarian sayap kanan juga memiliki banyak pengikut, memposting video reguler pemimpin David Seymour membaca fanmail dan makan ikan dan kentang goreng.

Juru bicara undang-undang Rachel Morton mengatakan partai itu “sadar akan kekhawatiran dari layanan parlemen. Itu sebabnya kami tidak memposting dari perangkat layanan parlemen.”

Kekhawatiran atas keamanan TikTok dan kedekatan perusahaan dengan negara China telah membuatnya sering menjadi sasaran sanksi, larangan, dan peringatan.

Pada tahun 2020, presiden saat itu Donald Trump membuat perintah eksekutif untuk melarang TikTok, dengan alasan masalah keamanan dan kedekatannya dengan pemerintah China, sementara konvensi nasional Demokrat dan Republik memperingatkan staf untuk tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Joe Biden mengumumkan dia akan mencabut perintah itu pada tahun 2021, tetapi melanjutkan tinjauan keamanan nasional AS terhadap TikTok.

Pada bulan Juni tahun ini, setelah laporan BuzzFeed, sejumlah senator AS memulai dorongan baru untuk mengatur aplikasi tersebut, dengan mengatakan: “Kami membutuhkan jawaban dari TikTok segera mengenai kebijakannya untuk membagikan informasi pribadi orang Amerika dengan PKC.”

TikTok, yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna global, telah membantah mengajukan masalah keamanan nasional.

Ini bukan pertama kalinya anggota parlemen Selandia Baru diperingatkan terhadap aplikasi tersebut – anggota parlemen juga disarankan untuk menghapusnya pada tahun 2020. Beberapa pejabat Selandia Baru – seperti polisi – sudah dilarang menggunakan TikTok di perangkat kerja. (theguardian/dd)